Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 2 (2023): Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Pengembangan E-modul Berbasis Aplikasi Android pada Pembelajaran IPS Materi Gotong Royong di SD/MI

Fadli Anwar Firmansyah (SDN Cangkuang 08, Kabupaten Bandung)
Eliva Sukma Cipta (Universitas Islam Nusantara, Bandung)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat E-modul IPS untuk siswa sekolah dasar menggunakan aplikasi Android. Penelitian pengembangan ini menggunakan paradigma ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Konten IPS pada E-modul yang dibuat telah sesuai dengan kurikulum sekolah dasar. Siswa sekolah dasar berpartisipasi dalam pengujian modul untuk menentukan kubermanfaatnya. E-modul valid dari segi isi, cakupan materi, dan desain modul, sesuai hasil validasi ahli. Namun kualitas aplikasinya masih harus ditingkatkan. Kualitas aplikasi menjadi cukup valid setelah adanya perubahan. Mayoritas responden, menurut hasil pengujian, puas dengan desain modul. material mudah dipahami, dan memberikan umpan balik positif pada konten modul. Sebagian besar responden juga puas dengan kualitas aplikasi tetapi mengakui perlunya perbaikan. Berdasarkan temuan penelitian, E-modul IPS berbasis inkuiri memiliki potensi untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar tentang konsep dan keterampilan berpikir kritis. Namun, revisi dan pengembangan lebih lanjut diperlukan untuk meningkatkan kualitas E-module, terutama mengenai aspek kualitas aplikasi. Penelitian ini merekomendasikan untuk melakukan pengujian E-modul dengan sampel siswa sekolah dasar yang lebih besar dan analisis lebih lanjut untuk mengevaluasi kinerja E-modul sebagai media alat pembelajaran berbasis teknologi. Kata Kunci: E-module, Aplikasi Android, Pembelajaran IPS

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JURSHIBYAN

Publisher

Subject

Education

Description

Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (e-ISSN 3026-1104; p-ISSN 3026-0175) diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan bulan Desember oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Nusantara Bandung. Menerbitkan artikel hasil ...