Jurnal Pendidikan Anak
Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Anak

PEMBELAJARAN UNSUR IRAMA MENGGUNAKAN METODE TAKADIMI PADA MAHASISWA PAUD FIP UNY TAHUN AJARAN 2015/2016

Rina Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pelaksanaan pembelajaran unsur irama musik menggunakan metode Takadimi pada mahasiswa prodi PAUD FIP UNY tahun ajaran 2015-2016. Subjek penelitian yaitu 83 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu eksplorasi. Teknik penyajian data yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data adalah dengan ketekunan. Hasil penelitian dalam mata kuliah estetika instrumental: 1) peserta didik adalah lulusan dari berbagai jurusan dan didominasi oleh lulusan sekolah menengah atas, 2) tujuan pembelajaran berbasis pada konsep dasar pendidikan seni untuk AUD yaitu menstimulasi estetika melalui apresiasi dan kreasi ekspresi, 3) materi musik menggunakan metode Takadimi yang termasuk metode untuk semua kalangan, 4) metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, demonstrasi dan eksperimen, kerja kelompok, drill, dan penemuan, 5) media pembelajaran yang digunakan adalah piano serta semua benda yang ada di sekitar yang dapat diatur menjadi bunyi musikal, dan          6) evaluasi didasarkan pada tugas, kehadiran, nilai ujian tengah semester, dan nilai ujian semester. Temuan lain selama penelitian yaitu: 1) kuantitas suku kata TA yang diganti dengan nol, merupakan hal yang sulit dibunyikan/ dipraktekkan oleh mahasiswa, dan 2) bentuk TA00MI dan TAKA0MI. Kata kunci: pembelajaran, unsur irama musik, metode takadimi

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...