Keterampilan numerasi anak usia dini penting distimulasi untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan anak bukan hanya menginterprestasikan angka dan ketrampilan operasi bilangan tetapi terkait dengan kemampuan pemecahan masalah dan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran numerasi di TK IT Bhakti Insani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu aktifitas dalam analisis kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pelaksanaan pembelajaran numerasi sudah sesuai dengan tahapan pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, 2) faktor pendukung diantaranya: penerapan kurikulum merdeka, pembelajaran dengan metode proyek, tersedianya media loosepart di kelas, guru-guru yang update dengan ilmu kebaruan, serta dukungan para stakeholder. 3) faktor penghambat adalah keterbatasan waktu dalam pelaksanan pembelajaran numerasi.
Copyrights © 2023