Jurnal Pendidikan Anak
Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLANNEL PINTAR KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA BANTUL

Partijem - (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui  flannel pintar pada kelompok A2 TK Negeri Pembina Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 sebanyak 22 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat meningkat setelah diberikan tindakan menggunakan flannel pintar yang dilakukan secara bersamaan dengan teman menyerupai perlombaan, serta pemberian reward secara kongkret yakni memberi bintang dari kertas berwarna yang di tempel di papan karya. Peningkatan kemampuan membaca permulaan tersebut di atas dapat terlihat secara optimal dari hasil data observasi dan dokumentasi yang diperoleh pada setiap siklusnya. Peningkatan dari pra tindakan ke Siklus I sebesar 16,6% dan,dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 41,6%. Anak yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik sebelum tindakan berjumlah 2 anak (16,6%), pada Siklus I berjumlah 6 anak 34,4 % dan pada Siklus II berjumlah 11 anak (91,6%). Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media flannel pintar, kelompok A2

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...