Jurnal Pendidikan Anak
Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Anak

Permainan literasi untuk anak-anak

Martha Christianti (Departemen Pendidikan Anak Usia Dini FIPP UNY)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Salah satu permasalahan literasi di Indonesia adalah minimalnya variasi kegiatan, dan media yang dapat mendukung perkembangan literasi. Tulisan ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana menciptakan strategi literasi untuk mendukung anak dalam mengembangkan literasi sambil bermain dalam penelitian tindakan untuk anak-anak di TK. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pertumbuhan literasi setiap anak yang mengikuti kegiatan bermain dengan literasi yang dilakukan setiap hari di kelas yang mengeksplorasi kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Metode penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan selama enam bulan di kelas B. Analisis data dilakukan dalam bentuk analisis konteks dengan metode triangulasi memadukan temuan dari hasil wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan literasi yang diciptakan secara kolaboratif antara peneliti dari universitas dengan guru dapat menumbuhkan literasi anak-anak. Permainan literasi tersebut dilakukan secara berkelompok dan berpasangan. Anak belajar sambil bermain melalui teman sebaya, memupuk motivasi literasi anak, dan merangsang kreativitas guru untuk mengembangkan pembelajaran yang mendukung literasi anak agar bertumbuh secara spesifik pada masing-masing anak secara berbeda.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...