Jurnal Pendidikan Anak
Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Anak

Tipologi gambar anak usia 4-6 tahun

Prayitno Prayitno (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Menggambar merupakan kegiatan yang sering diaplikasikan di TK, namun masih banyak guru TK yang belum mengetahui tipologi gambar anak. Fokus penelitian ini yaitu tipologi gambar anak usia 4-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tipologi gambar anak yang diekspresikan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode analisis data deskriptif analisis. Subjek penelitian ini berjumlah 123 karya gambar anak usia 4-6 tahun di Yogyakarta dan sekitarnya. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Penulis mendeskripsikan karya gambar yang dibuat oleh anak, kemudian dianalisis menggunakan instrumen pengamatan tipologi gambar anak, kemudian menyimpulkan dari hasil analisis tersebut. Data disajikan dalam bentuk diagram, tabel dan penjelasan naratifnya. Hasil penelitian tipologi gambar anak ini menunjukkan 76% bertipe visual dan 24% bertipe haptik. Faktor yang mempengaruhi karya gambar anak bertipe visual atau haptik adalah pengalaman empiris yang pernah dilalui oleh siswa TK itu sendiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...