Jurnal Pendidikan Anak
Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Anak

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPPH MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DAN PENDAMPINGAN DI TK BINAAN PADA SEMESTER 1 TAHUN 2016/2017

Sukarmi - (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2017

Abstract

.Tujuan penelitian ini adalah agar para guru dapat mengaplikasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) sehingga sasaran kurikulum 2013 dapat terealisasikan dengan baik. Penelitian dilaksanakan di TK binaan Kecamatan Wirobrajan dan diikuti sebanyak 20 guru. Metode yang digunakan adalah angket dan wawancara untuk mendapatkan data Peningkatan Kemampuan Guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian di TK binaan. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Penelitian dilaksanakan dalam siklus dan melalui proses pengkajian melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari siklus satu yaitu sesi pemberian materi dan sesi latihan penyusunan rencana cukup sebanyak 16 orang atau 80% dan dengan hasil baik sebanyak 4 orang atau 20%. Hasil yang diperoleh dari siklus dua yaitu sesi ketiga pendalaman materi dan sesi keempat pemberian tugas dan evaluasi menunjukkan bahwa peserta yang mencapai hasil cukup sebanyak 4 orang atau 20%  dan dengan hasil baik sebanyak 16 orang atau 80% pada siklus 3 dan 20 orang dengan hasil baik atau 100% Kata kunci: Peningkatan Kemampuan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...