AL-ULUM : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 10, No 1 (2024): Edisi April

ANALISIS PROGRAM INOVASI LAPOR KANDA (KELOLA ADUAN NASIHAT DITINDAK LANJUTI AGAR TUNTAS) TERHADAP PELAYANAN MASYARAKAT KABUPATEN PROBOLINGGO

Imam Sucahyo (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
04 May 2024

Abstract

ABSTRAKUndang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018. Undang-undang tersebut mengatur tentang pelayanan publik di Indonesia dan menetapkan standar pelayanan minimal. Program Lapor Kanda (Kelola Aduan Nasihat Ditindaklanjuti Agar Tuntas) merupakan layanan pengaduan masyarakat yang terintegrasi dengan pelayanan pemerintah daerah di Kabupaten Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui keluhan masyarakat setempat. Sehingga dengan adanya program tersebut dapat membantu pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk mengetahui berbagai keluhan masyarakat dan paling banyak mengenai jalan rusak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif deskriptif merupakan suatu rumusan masalah yang menggambarkan suatu keadaan sosial dan akan dikaji secara menyeluruh, luas dan mendalam. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Dengan meningkatkannya keluhan jalan rusak pemerintah Kabupaten Probolinggo mengambil langkah untuk mempercepat perbaikan jalan tersebut dengan mendatangkan truk alpomain. Hal ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap pemeliharaan kualitas jalan dan mendukung pembangunan daerah. Jadi, dengan adanya program Lapor Kanda (Kelola Aduan Nasihat Ditindaklanjuti Agar Tuntas) masyarakat Kabupaten Probolinggo dapat dengan mudah dan cepat melaporkan berbagai jenis keluhan melalui pesan WhatsApp pada nomor 082-131-001-001.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ALSH

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Al Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen menerbitkan naskah hasil penelitian yang relevan dengan bidang ilmu komunikasi, bisnis dan manajemen. ...