Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 3 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Intensitas Informasi dalam Pembentukan Sikap Konsumen Produk Ramah Lingkungan

Sri Nawatmi (Universitas Stikubank)
Agung Nusantara (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Agus Budi Santosa (Universitas Stikubank)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kehandalan Theory of Planned Behavior dalam menjelaskan perilaku mahasiswa terkait dengan konsumsi komoditas ramah lingkungan. Variabel yang dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah: purchase behavior, purchase intention, attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control. Metode analisis yang digunakan adalah structural equation modeling berbasis kovarian (Covarianced Based SEM). CB-SEM adalah pendekatan konfirmasi yang memiliki fokus pada hubungan yang ditetapkan secara teoritis (Theoritical Driven) dan bertujuan untuk meminimalkan perbedaan antara matriks kovarians yang diimplikasikan dan matriks kovarians sampel. Dalam penelitian ini digunakan responden sebanyak 328 mahasiswa FEB Unisbank baik program studi D3, S1 maupun S2. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan umum bahwa Theory of Planned Behavior terbukti handal untuk menjelaskan perilaku konsumen komoditas ramah lingkungan. Kesimpulan lain yang menarik adalah model covarianced based SEM mampu mengidentifikasi lemahnya bentukan sikap perilaku responden tentang isu ramah lingkungan, khususnya yang berasal dari behavioral belief dan pengalaman empiris (outcome evaluation).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...