Talitakum : Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Vol 2 No 2 (2023): Talitakum: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mengantri Pada Anak Kelompok A Di KB Al Mubtadiin Telaga

Ani Najiah (Universitas Terbuka)
Eka Yulia Khoerunnisa (Unknown)
Mirdat Silitonga (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan sosial emosional anak pada kegiatan mengantri. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui kegiatan mengantri pada anak kelompok A di KB Al Mubtadiin Telaga. Metode penelitian yang digunakan ialah penilitian tindakan kelas. Analisis data dalam penelitian ini untuk menganalisis hasil refleksi, lembar observasi, APKG dengan mengamati simulasi pembelajaran untuk melihat kesesuaian aspek yang di amati serta kesesuaian guru dalam mengajar. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, supervisor dan teman sejawat, dan 21 murid kelompok A di KB Al Mubtadiin Telaga. Kelompok A dipilih karena kemampuan anak yang belum berkembang dan lebih mudah diamati. Hasil penelitian menunjukan pencapaian peningkatan pada siklus I sebanyak 65,2% dan di siklus II sebanyak 85,2% dimana dalam kegiatan tersebut anak sudah dapat disiplin dan perkembangan sosial emosional anak di KB Al Mubtadiin Telaga sudah berkembang dengan maksimal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kegiatan mengantri ini dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

about

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal TALITAKUM: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini. Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Jurnal ini berfokus pada bidang Pendidikan Kristen Anak Usia ...