Geadidaktika
Vol 4, No 1 (2024): Geadidaktika Januari 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Rasa Cinta Tanah Air Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun 2021/2022 (K.D 3.6 Keragaman Budaya Indonesia)

Fadlilah Cahyaningtyas (Universitas Sebelas Maret)
Chatarina - Muryani (Universitas Sebelas Maret)
Sarwono - Sarwono (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar dan rasa cinta tanah air; 2) Mengembangkan desain serta pengembangan media pembelajaran mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar dan rasa cinta tanah air; 3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran mobile learning sebagai media pembelajaran untuk peserta didik; 4) Mengetahui efektivitas media pembelajaran mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar dan rasa cinta tanah air peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri Mojogedang Tahun 2021/2022 mata pelajaran geografi materi K.D 3.6 Keragaman Budaya Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan pada model pengembangan ADDIE meliputi tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian ini adalah: 1) Kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran mobile learning diperoleh dari hasil analisis kebutuhan dengan indikator karakteristik gaya belajar, pengalaman penggunaan media, kebutuhan media pembelajaran, visualisasi meliputi warna, pemilihan jenis huruf, dan pemilihan musik; 2) Bentuk desain serta pengembangan media pembelajaran mobile learning disusun menggunakan draf story board yang berisi gambaran tampilan aplikasi mobile learning dengan bahan ajar materi yang digunakan; 3) Media pembelajaran mobile learning dinyatakan layak digunakan dari hasil penilaian ahli media, ahli materi, pendidik, serta pelaksanaan uji coba perorangan dan uji coba skala terbatas; 4) Media pembelajaran mobile learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan rasa cinta tanah air peserta didik dengan nilai signifikansi pada t-test hasil belajar dan rasa cinta tanah air 0,000 yang berarti lebih kecil daripada 0,05 yang dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara variabel awal dan variabel akhir (pretest dan postest) serta terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan pada masing-masing variabel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

geadidaktika

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

The GEADIDAKTIKA Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, ...