Geadidaktika
Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Game Based Learning Untuk Kelas X-E7 Sman 5 Surakarta Semester Ganjil Tahun 2023/2024

M. Syarif Hidayat (Program Studi Geografi Pendidikan Profesi Guru Universitas Sebelas Maret)
Muhammad Farchan Hamidi (Program Studi Geografi Pendidikan Profesi Guru Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Game Based Learning (GBL) terhadap hasil belajar geografi materi BAB I pengantar ilmu geografi pada kelas X-E7 SMA Negeri 5 Surakarta.Penelitian ini menggunakan game teka-teki silang pada laman bernama wordwall. Peserta didik secara berkelompok menjawab soal yang ada pada game teka-teki silang dengan materi yang sudah diajarkan oleh guru dan di bantu media pembelajaran berupa buku bacaan, power point, maupun video pembelajaran.Hasil dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran Game Based Learning (GBL) lebih efektif dibandingkan dengan model ceramah pada pembelajaran geografi materi pengantar ilmu geografi. (2) model pembelajaran Game Based Learning (GBL) telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. (3) refleksi dan tindak lanjut yang tepat dapat berpengaruh secara signifikan pada hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

geadidaktika

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

The GEADIDAKTIKA Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, ...