Geadidaktika
Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023

Analisis Potensi Pengembangan Objek Wisata di Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali

Ayu Dwi Setyanto (Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret)
Moh. Gamal Rindarjono (Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret)
Rita Noviani (Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui potensi objek wisata di Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali  Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini memaparkan keseluruhan objek wisata Desa Kemasan dengan atraksi berupa 4 situs unggulan sebagai daya tarik yang dimilikinya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan untuk menganalisis potensi yang dimiliki, wawancara untuk menggali informasi mengenai upaya pengelolaan, serta dokumentasi. Hasil penelitian terkait potensi wisata Desa Kemasan yang dinilai berdasarkan parameter 4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Aktivitas) menunjukkan kelas potensial. Objek wisata Desa Kemasan telah mengupayakan pengoptimalan usaha dalam rangka pengelolaan objek wisata yang meliputi aspek Sumber Daya Manusia (SDM), keuangan, fasilitas sarana dan prasarana, dan pemilihan lokasi wisata.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

geadidaktika

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

The GEADIDAKTIKA Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, ...