Geadidaktika
Vol 3, No 1 (2023): Geadidaktika Januari 2023

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2022/2023

Rizki Nur Ashari (Pendidikan Geografi, FKIP UNS)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh keterampilan berpikir kritis antara pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing disertai media Google Earth dengan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing disertai peta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Kebakkramat tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 150 orang. Sampel yang digunakan diambil dari populasi dan digunakan dalam penelitian ini ada 2 kelas yaitu XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode non tes dan metode tes. untuk metode non tes akan dikumpulkan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial. Analisis statistik inferensial ini dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji-t terlebih dahulu melakukan uji prasyarat seperti uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai Google earth terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Kebakkramat.Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Google Earth, kemampuan berpikir kritis

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

geadidaktika

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

The GEADIDAKTIKA Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, ...