Geadidaktika
Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023

Analisis Urban Heat Island di Kabupaten Sragen Tahun 2020

Nanang Putro Wahyu Aji (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta Jl. Ir. Sutami No.36, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57126)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Sragen, pembangunan infrastruktur dan aktivitas manusia yang terus meningkat. Tidak diragukan lagi, pembangunan akan mengubah tanah yang tidak terbangun menjadi tanah yang dibangun. Suhu permukaan dapat turun atau meningkat sebagai akibat dari perubahan tutupan lahan, yang juga berdampak pada suhu udara sekitar yang meningkat.Penelitian ini menggunakan citra satelit Landsat 8 tahun 2020. Nilai suhu permukaan didapatkan dari pengolahan saluran termal citra satelit Landsat 8 yang dibantu menggunakan perangkat lunak pengolah citra ArcGIS 10.6Hasil dari penelitian ini bisa didapatkan UHI di Kabupaten Sragen tahun 2020 memiliki ambang batas 27,3°C. Daerah terdampak UHI Pada tahun 2020 seluas 31.514,72 Hektare.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

geadidaktika

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

The GEADIDAKTIKA Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, ...