Geadidaktika
Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023

Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Mengatasi Miskonsepsi Materi Mitigasi Bencana Kelas XI IPS 3 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023

Anita Wahyu Widyawati (Pendidikan Profesi Guru Geografi FKIP UNS)
Eny Wiji Lestari (SMA N 6 Surakarta)
Diani Marhaenita (SMA N 6 Surakarta)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2023

Abstract

Tingginya miskonsepsi materi mitigasi bencana peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Surakarta semester 2 tahun ajaran 2022/2023, maka dilakukan penelitian tindakan kelas melalui penggunaan model Problem Based Learning diharapkan akan mengurangi miskonsepsi peserta didik dalam pemahaman materi mitigasi bencana. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus dengan penggunaan teknik pengumpulan data dengan tes dan pengamatan. Dalam upaya mengatasi miskonsepsi peserta didik dapat dilihat dari tes kognitif peserta didik. Rata-rata nilai kognitif siklus 1 yaitu 77,80 dengan peserta didik yang mencapai KKM yaitu 77,14 %. Rata-rata nilai kognitif siklus 2 yaitu 77,40 dengan peserta didik yang mencapai KKM yaitu 77,14 %. Rata-rata nilai kognitif siklus 3 yaitu 90,63 dengan peserta didik yang mencapai KKM yaitu 94,29 %.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

geadidaktika

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

The GEADIDAKTIKA Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, ...