Geadidaktika
Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023

Pengaruh Penggunaan Platform Google Classroom Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Geografi Di Masa Pandemi

Zahro Fatim Khasanah (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 51726, Indonesia)
Sugiyanto Sugiyanto (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 51726, Indonesia)
Singgih Prihadi (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 51726, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan platform pembelajaran google classroom berbantuan quizizz dengan yang menggunakan platform pembelajaran google classroom pada pembelajaran geografi di masa pandemi, (2) mengetahui perbedaan tingkat efektifitas antara penggunaan platform pembelajaran google classroom berbantuan quizizz dengan penggunaan platform pembelajaran google classroom pada pembelajaran geografi di masa pandemi. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan n-gain score. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, terdapat perbedaan yang siginifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom berbantuan quizizz dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom ketika pembelajaran daring. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom berbantuan quizizz sebesar 89 > rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan platform google classroom sebesar 81,647. Kedua, terdapat berbedaan tingkat efektivitas antara penggunaan platform google classroom berbantuan quizizz dengan penggunaan platform google classroom ketika pembelajaran daring. Kelompok yang menggunakan platform google classroom berbantuan quizizz memperoleh rata-rata nilai n-gain score sebesar 61,6129% dengan kategori tafsiran “Cukup Efektif”, sedangkan kelompok yang menggunakan platform google classroom memperoleh rata-rata nilai n-gain score 40,029% dengan kategori tafsiran “Kurang Efektif” digunakan ketika pembelajaran daring pada mata pelajaran geografi di masa pandemi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

geadidaktika

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

The GEADIDAKTIKA Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, ...