Geadidaktika
Vol 3, No 2 (2023): Geadidaktika Agustus 2023

Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata pelajaran Geografi Di SMA Negeri 8 Surakarta

Inelsa Rafika Novitasari (Mahasiswa Pendidikan Geografi, Universitas Sebelas Maret Surakarta Dosen Pendidikan Geografi, Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl. Ir. Sutami No. 36, Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah 57126)
Setya Nugraha (Mahasiswa Pendidikan Geografi, Universitas Sebelas Maret Surakarta Dosen Pendidikan Geografi, Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl. Ir. Sutami No. 36, Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah 57126)
Singgih Prihadi (Mahasiswa Pendidikan Geografi, Universitas Sebelas Maret Surakarta Dosen Pendidikan Geografi, Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl. Ir. Sutami No. 36, Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah 57126)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia, karena pendidikan tidak hanya didapatkan di bangku sekolah saja, tetapi juga dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Adanya pendemi covid-19 yang mengharuskan segala kegiatan aktifitas yang dilakukan diluar rumah harus dibatasi, tidak terkecuali kegiatan sekolah atau belajar mengajar. Adanya perubahan proses pembelajaran yang terhitung tiba-tiba mengakibatkan pengajar maupun peserta didik harus membiasakan dengan adanya perubahan tersebut. Hal tersebut tentu tidak mudah untuk dilakukan sehingga terdapat hambatan yang dirasakan oleh pengajar maupun peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang terjadi selama proses pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Sampel yang digunakan yaitu seluruh warga sekolah SMA Negeri 8 Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data interaktif. Hasil menunjukan hambatan yang dialami oleh warga sekolah yaitu keterbatasan kuota internet, jaringan internet kurang stabil, keadaan lingkungan yang kurang kondusif, kapasitas perangkat penunjang pembelajaran yang minim dan penyamapaian materi yang diberikan oleh guru kepada peserta didik.Kata Kunci: Hambatan, Pembelajaran, Pandemi Covid-19

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

geadidaktika

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

The GEADIDAKTIKA Journal is a multidisciplinary journal covering all fields of education and science related to geography, demography and the environment. The purpose of writing this journal are to reveal facts, problems and problem solving that can be used as input for Government, institutions, ...