Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Vidio Pembelajaran Pada Materi Tema 4 Subtema 2 Kewajiban Dan Hak Ku Di Sekolah

Subariah Subariah (Sekolah Dasar Negeri 003 Tanjung Belit Selatan)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar dan keaktifan siswa pada pembelajaran tema 4 sub tema 2 siswa kelas III SDN 003 Tanjung Belit Selatan. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem basic learning dengan media power pint dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan November – Januari 2023. Hasil penelitian pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa 72. Siswa yang aktif dan mencapai KKM 13 orang (82%), yang tidak aktif dan belum mencapai KKM 2 orang 18% ). Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 80. Siswa yang aktif dan mencapai KKM 13 orang ( 82% ), siswa yang tidak aktif dan belum mencapai KKM 2 orang ( 18%). Dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 85. Siswa yang aktif dan mencapai KKM 11 orang ( 92 % ), siswa yang tidak aktif dan belum mencapai KKM 1 orang ( 8 % ). Peningkatan rata-rata hasil belajar pada pra siklus ke siklus II 15. Peningkatan ketuntasan belajar dari prasiklus ke siklus II 6 orang atau 50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar tema 4 sub tema 2 pada siswa kelas III SDN 003 Tanjung Belit Selatan kecematan Kampar Kiri Hulu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...