cover
Contact Name
Rusdial Marta
Contact Email
edpdial@gmail.com
Phone
+6281266432727
Journal Mail Official
edpdial@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tuanku Tambusai No.23, Bangkinang, Kec. Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau 28412
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Journal of Exploratory Dynamic Problems
ISSN : 30321867     EISSN : 30318521     DOI : https://doi.org/10.31004/edp.v1i1
Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu kesehatan, ilmu kedokteran, pengembangan SDM, ilmu seni desain dan media. jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, yang diterbitkan dalam 4 kali dalam setahun yaitu Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 65 Documents
Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar (Systematic Literature Review) Rusdial Marta; Nurul Murtadho; Shirly Rizki Kusumaningrum
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research on the School Literacy Movement policy aims to describe a literature review on the implementation policy of the School Literacy Movement (GLS) in elementary schools. The researchers referred to articles using the keywords 'School Literacy Movement' or ‘Gerakan Literasi Sekolah’ in the Google Scholar, Scispace, and Scimagojr databases. This research was conducted in step-by-step stages, starting from article collection, article reduction, display, and discussion. This article is the result of an analysis based on literature regarding the subject being discussed. This study uses the Systematic Literature Review (SLR) methodology, with the PRISM protocol. The findings of the SLR study, analyzing 11 articles, indicate that the School Literacy Movement should be initiated from an early stage, starting from habituation, development, and implementation, and the role of parents should not be overlooked in the implementation of this GLS.
Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Model Team Group Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Sulastri Sulastri
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKN. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa dengan Cooperative Learning Model Team Group Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada pembelajaran ini dilaksanakam sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil belajar siswa pada kegiatan prasiklus diperoleh rata-rata 76,84%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,94% dimana ada peningkatan 2,1% dari kegiatan prasiklus, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,26%. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN 013 Sukamaju. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan pembelajaran cooperative learning model team group tournament (tgt) dalam meningkatkan prestasi belajar PKN pada siswa kelas II SDN 013 Sukamaju Tahun Pelajaran 2020/2021.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Vidio Pembelajaran Pada Materi Tema 4 Subtema 2 Kewajiban Dan Hak Ku Di Sekolah Subariah Subariah
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar dan keaktifan siswa pada pembelajaran tema 4 sub tema 2 siswa kelas III SDN 003 Tanjung Belit Selatan. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem basic learning dengan media power pint dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan November – Januari 2023. Hasil penelitian pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa 72. Siswa yang aktif dan mencapai KKM 13 orang (82%), yang tidak aktif dan belum mencapai KKM 2 orang 18% ). Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 80. Siswa yang aktif dan mencapai KKM 13 orang ( 82% ), siswa yang tidak aktif dan belum mencapai KKM 2 orang ( 18%). Dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 85. Siswa yang aktif dan mencapai KKM 11 orang ( 92 % ), siswa yang tidak aktif dan belum mencapai KKM 1 orang ( 8 % ). Peningkatan rata-rata hasil belajar pada pra siklus ke siklus II 15. Peningkatan ketuntasan belajar dari prasiklus ke siklus II 6 orang atau 50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar tema 4 sub tema 2 pada siswa kelas III SDN 003 Tanjung Belit Selatan kecematan Kampar Kiri Hulu.
Peran Dukun Manten Dalam Prosesi Pernikahan Adat Jawa Di Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo Provinsi Jambi Ani Nur Widyani; Waza Karia Akbar; Wibi Wijaya
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edp.v1i1.10

Abstract

This research was dilatory by the role of Dukun Manten who still plays an active role in the implementation of Javanese traditional marriages in Suka Damai Village, Rimbo Ulu Dis- trict, Tebo Regency, Jamb Province. The role of the dukun manten is very important in the procession of the Javanese traditional wedding ceremony. The dukun manten must also be able to provide views on the planned event based on the experiences that have been carried out so that it is in accordance with what is expected by those who have the intention. As a result, the authors found that the role of the dukun manten in Suka Damai Village, Rimbo Ulu District, Tebo Regency, Jambi Province, which includes: 1. The role of the man- ten shaman in Suka Damai Village 2. Performing Siraman, 3. Installing paes, 4. Performing the Sembaga tradition, 5. Carrying out initi from the Javanese traditional ceremony, namely Temon btide.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Menggunakan Model Numbered Heads Together Structure Di Kelas III UPT SD Negeri 010 Pangkalan Serik Yuningsih Yuningsih; Lola Anggita Dewi Kartikasari
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana menggunakan model Numbered Heads Together Structure di kelas III UPT SD Negeri 010 Pangkalan Serik Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan model Numbered Heads Together Structure dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok pecahan sederhana kelas III UPT SD Negeri 010 Pangkalan Serik Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah aktivitas guru dalam simulasi pembelajaran tanpa siswa. Berdasarkan hasil akhir aktivitas guru pada siklus 1 diperoleh nilai 8,8 sedangkan pada siklus 2 diperoleh nilai 9,5. Dari rata-rata kegiatan siklus 1 dan siklus 2 dapat dipresentasikan menjadi 99%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam pelaksanaan simulasi pembelajaran pada model pembelajaran Numbered Heads Together Structure dapat dikategorikan sangat baik.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV SD Negeri 27 Salibawan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Yetmawarni Yetmawarni
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran di SD Negeri 27 Salibawan masih menggunakan metode pembelajaran yang masih tradisional, target pencapaian KKM mata pelajaran IPS di SD Negeri 27 Salibawan masih rendah. Seringkali pembelajaran di SD Negeri 27 Salibawan menggunakan metode pembelajaran yang tradisional dan guru kurang kreatif memodifikasi pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran, tingkat pencapaian KKM mata pelajaran IPS belum dapat tercapai secara maksimal sebesar 75%. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan Skor rerata hasil belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Rerata perolehan skor pada siklus pertama 80 % menjadi 90 %, mengalami kenaikan 10 %. Sedangkan hasil belajar siswa yang belum tuntas dalam penguasaan materi pembelajaran, rerata perolehan skor pada siklus pertama 20 % menjadi 10 %, mengalami penurunan 10 %. Melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 27 Salibawan Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.
Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analisis Sintesis Tematik Terpadu Kelas I UPTD SDN 03 Harau Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Yarniwati Yarniwati
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian didasari oleh kenyataan dilapangan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas I masih mengalami kesulitan, karena masih banyak siswa yang belum bisa membaca, hal ini terlihat dari rendahnya kemampuan membaca siswa. Umtuk mengatasi permasalahan itu salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan mengunakan metode Structural Analisis Sintesis (SAS) karena metode pembelajaran ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan untuk mencapai tujuan standar kompetensi, kompetensi dasar agar siswa mampu membaca permulaan yaitu dapat melafalkan huruf, suku kata, dan melafalkan kata secara lancar serta dapat membaca kalimat sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 UPTD SD N 03 harau Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai praktisi yang melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 UPTD SD N 03 Harau Kecamatan Harau Kebupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kualitas pembelajaran, ini dapat dilihat dari penilaian RPP siklus 1 pertemuan I yaitu 65,5 %, Siklus I pertemuan II menjadi 79,5% dan siklus II menjadi 81%. Dari segi pelaksanaan, penilaian aktifitas guru siklus 1 pertemuan I yaitu 77 %, Siklus I pertemuan II menjadi 99% dan siklus II menjadi 100%. Penilaian aktifitas siswa siklus 1 pertemuan I yaitu 55 %, Siklus I pertemuan II menjadi 77% dan siklus II menjadi 88%. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan mengunakan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca di kelas I UPTD SD N 03 Harau.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Panas Di Kelas VI SD Negeri 004 Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi Aria Heldayani
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VI tentang konduktor dan isolator panas dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis eksperimen. Desain penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang konduktor dan isolator panas setelah menerapkan pendekatan eksperimen. Tanggapan positif dari siswa terhadap kegiatan eksperimen dan diskusi kelompok menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis eksperimen dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami konsep-konsep fisika termal. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa di tingkat sekolah dasar, khususnya pada topik konduktor dan isolator panas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam merancang pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam mengajarkan konsep fisika termal di kelas VI Sekolah Dasar SDN 004 Sungai Besar.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 010 Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Suryanata Limbong
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan Permainan kartu bergambar (flashcard) pada siswa kelas 1 SD Negeri 010 Bonai Darussalam Kecamatan Bonai Darussalam Tahun Ajaran 2021/2022 dan untuk meningkatkan kemampuan membaca Permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas I SD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan tiap siklusnya dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 23%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 55%, pada siklus II meningkat menjadi 77% sehingga peneliti tidak melanjutkan ke siklus III.
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 006 Setiang Dalam Materi Unsur Dan Sifat Bangun Datar Melalui Media Tangram Zukriani Zukriani
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar matematika siswa II Sekolah Dasar dengan materi unsur dan sifat bangun datar, diketahui data hasil belajar siswa saat pratindakan dengan persentase ketuntasan adalah 13,33% dan tidak tuntas sebesar 86,67%. Hasil tersebut memberikan gambaran pemahaman siswa terhadap unsur dan sifat bangun datar sangat rendah sekali dan perlu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media tangram. Pada siklus I persentase ketuntasan adalah 33,33% dan tidak tuntas sebesar 66,67% dan meningkat pada pada siklus ke II dengan persentase ketuntasan adalah 86,77% dan tidak tuntas sebesar 13,33%. Penelitian ini meningkat secara klasikal dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus ke III.