Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Menggunakan Model Numbered Heads Together Structure Di Kelas III UPT SD Negeri 010 Pangkalan Serik

Yuningsih Yuningsih (UPT SD Negeri 010 Pangkalan Serik)
Lola Anggita Dewi Kartikasari (UPT SD Negeri 010 Pangkalan Serik)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana menggunakan model Numbered Heads Together Structure di kelas III UPT SD Negeri 010 Pangkalan Serik Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan model Numbered Heads Together Structure dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok pecahan sederhana kelas III UPT SD Negeri 010 Pangkalan Serik Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah aktivitas guru dalam simulasi pembelajaran tanpa siswa. Berdasarkan hasil akhir aktivitas guru pada siklus 1 diperoleh nilai 8,8 sedangkan pada siklus 2 diperoleh nilai 9,5. Dari rata-rata kegiatan siklus 1 dan siklus 2 dapat dipresentasikan menjadi 99%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam pelaksanaan simulasi pembelajaran pada model pembelajaran Numbered Heads Together Structure dapat dikategorikan sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...