Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analisis Sintesis Tematik Terpadu Kelas I UPTD SDN 03 Harau Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

Yarniwati Yarniwati (UPTD Sekolah Dasar Negeri 03 Harau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian didasari oleh kenyataan dilapangan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas I masih mengalami kesulitan, karena masih banyak siswa yang belum bisa membaca, hal ini terlihat dari rendahnya kemampuan membaca siswa. Umtuk mengatasi permasalahan itu salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan mengunakan metode Structural Analisis Sintesis (SAS) karena metode pembelajaran ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan untuk mencapai tujuan standar kompetensi, kompetensi dasar agar siswa mampu membaca permulaan yaitu dapat melafalkan huruf, suku kata, dan melafalkan kata secara lancar serta dapat membaca kalimat sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 UPTD SD N 03 harau Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai praktisi yang melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 UPTD SD N 03 Harau Kecamatan Harau Kebupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kualitas pembelajaran, ini dapat dilihat dari penilaian RPP siklus 1 pertemuan I yaitu 65,5 %, Siklus I pertemuan II menjadi 79,5% dan siklus II menjadi 81%. Dari segi pelaksanaan, penilaian aktifitas guru siklus 1 pertemuan I yaitu 77 %, Siklus I pertemuan II menjadi 99% dan siklus II menjadi 100%. Penilaian aktifitas siswa siklus 1 pertemuan I yaitu 55 %, Siklus I pertemuan II menjadi 77% dan siklus II menjadi 88%. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan mengunakan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca di kelas I UPTD SD N 03 Harau.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...