Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Konduktor Dan Isolator Panas Di Kelas VI SD Negeri 004 Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi

Aria Heldayani (UTD Sekolah Daar Negeri 004 Sungai Besar)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VI tentang konduktor dan isolator panas dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis eksperimen. Desain penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang konduktor dan isolator panas setelah menerapkan pendekatan eksperimen. Tanggapan positif dari siswa terhadap kegiatan eksperimen dan diskusi kelompok menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis eksperimen dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami konsep-konsep fisika termal. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa di tingkat sekolah dasar, khususnya pada topik konduktor dan isolator panas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam merancang pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam mengajarkan konsep fisika termal di kelas VI Sekolah Dasar SDN 004 Sungai Besar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...