Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 1 No. 7 (2024): Mei

Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik melalui Metode Game Based Learning

Resdilla Pratiwi (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Yuhanna Yuhanna (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Sopiah Sopiah (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Niki Habadi (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Risma Harahap (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)
Rohmatul Aminah (STAIN Mandailing Natal, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Game based learning sebagai model pembelajaran yang menggabungkan materi pembelajaran ke dalam pendidikan agar peserta didik saling terlibat satu sama lain melalui kegiatan permainan yang disediakan.  Tujuan dari penerapan metode GBL dalam pembelajaran yaitu untuk meningkatkan krativitas peserta didik agar dapat mengembangkan kemampuan imajinasinya setalah mengikuti proses pembelajaran. Metode yang dilakukan terdiri dari 6 tahapan, yaitu memilih game sesuai topik, penjelasan konsep, aturan, memainkan game, merangkum pengetahuan, melakukan refleksi. Hasil dari penerapan metode GBL yaitu peserta didik terlihat lebih aktif dan lebih terlibat dalam proses pembelajaran berlangsung, mengurangi adanya peserta didik yang mengalami kesusahan dalam bersosial, meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkreasi serta mengatur kerjasama yang baik dengan sesama temannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...