Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 5 No. 1 (2024): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Perubahan Manajemen, Pertumbuhan Perusahaan, Audit Report Lag dan Financial Distress Terhadap Voluntary Auditor Switching (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021)

Naufal Fata Arkan (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Triyono Triyono (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pergantian manajemen, pertumbuhan perusahaan, audit report lag dan financial distress terhadap auditor switching. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2019-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, diperoleh hasil 96 perusahaan per tahun yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan dengan total sampel sebanyak 260 sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis data regresi logistik. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan dari website www.idx.co.id atau perusahaannya masing-masing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pergantian manajemen, pertumbuhan perusahaan, dan audit report lag berpengaruh terhadap auditor switching. Sedangkan financial distress tidak berpengaruh terhadap auditor switching.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...