Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 5 No. 2 (2024): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keengganan Masyarakat Membayar Zakat Melalui Instansi Baznas/Laz/Lazismu di Kab. Labuhan Batu Utara (Studi Kasus : Masyarakat Kec. Kualuh Hulu).

Sandy Febri Franstio (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
syahrul Amsari (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami sistem pengumpulan zakat oleh instansi BAZNAS/LAZ/LAZISMU, dengan subjek penelitian adalah muzakki di Kabupaten Labuhan Batu Utara, khususnya di Kecamatan Kualuh Hulu. Objek penelitian adalah faktor-faktor yang menyebabkan keengganan masyarakat menyalurkan zakatnya melalui instansi BAZNAS/LAZ/LAZISMU Kabupaten Labuhan Batu Utara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 324.158 orang Islam yang ada di Kabupaten Labuhan Batu Utara. Pengambilan subjek penelitian berjumlah 65 orang responden.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan analisis deskriptif kualitatif. Sistem pengumpulan zakat oleh instansi tersebut terdiri dari dua macam, yaitu sistem jemput dan langsung ke instansi atau melalui rekening. Faktor penyebab keengganan masyarakat untuk menyalurkan zakatnya langsung ke instansi BAZNAS/LAZ/LAZISMU melibatkan faktor religiusitas, kepercayaan, dan ketidaktahuan warga mengenai BAZNAS/LAZ/LAZISMU. Untuk mengatasi keengganan muzakki dan menarik minat mereka dalam menyalurkan zakat, instansi terkait mengimplementasikan kebijakan, yaitu dengan menyadarkan umat Islam melalui sosialisasi dakwah seperti ceramah agama, audiensi, seminar, pelatihan, dan pembekalan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran tentang sistem pengumpulan zakat, faktor keengganan masyarakat, dan upaya instansi dalam mengatasi masalah tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...