Al Waraqah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 3, No 1 (2022): Vol 3 No 1 Tahun 2022

ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM BACAAN AL-QUR’AN PADA SISWA PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZUL QUR’AN MADRASAH ALIYAH NEGERI LUMAJANG

Asbarin Asbarin (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Nabila Nailil Amalia (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis letak kesalahan secara fonologi dalam bacaan Al-Qur’an pada QS An-Naba’ pada saat membacanya baik bil ghoib maupun bin nadzr. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif di MAN Lumajang. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kesalahan yang terjadi dalam aspek artikulasinya yaitu terdapat 6 kesalahan konsonan dalam bacaan siswa (4 huruf konsonan jenis frikatif dan 2 huruf konsonan jenis hambat) selain itu juga terdapat 5 kesalahan dalam huruf vokal (2 huruf vokal pendek dan 3 huruf vokal panjang). Berdasarkan hasil analisis dari peneliti bahwasanya kesalahan yang terjadi adalah jenis kesalahan error dan mistakes yang harus dilakukan tindakan untuk menanggulangi kesalahan tersebut. Adapun manfaat penelitian ini secara teoritis dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu aswat, khususnya dalam konteks keterkaitan antara kesalahan konsonan dan vokal dalam bacaan al-Qur’an. Sedangkan secara praktis penelitian ini dapat memberikan informasi yang kemudian dapat diaplikasikan sebagai tata cara membaca yang efektif bagi pembelajar al-Qur’an.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alwaraqah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal Al Waraqah: Journal of Arabic Language Education IAIN Bone publishes research based articles that discuss Arabic education and teaching from various aspects. The editor welcomes scholars, researchers and practitioners of Arabic Language Education around the world to submit scientific ...