Al Waraqah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 3, No 2 (2022): Vol 3 No 2 Tahun 2022

Tantangan dan Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Santri MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu

Asbarin Asbarin (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Nabila Nailil Amalia (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui problematika dan solusi yang tepat terhadap tantangan pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Irsyad Tengaran 7 kota Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif  yang bersifat deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah Tantangan dan problematika pembelajaran bahasa Arab pada santri MTs Al-Irsyad Tengaran 7 kota Batu secara umum dapat dibagi menjadi dua bagian. 1) dari segi pendidik, yaitu: a) kesiapan sebelum pembelajaran, b) metode yang diguanakan, c) kurangnya sarana dan prasarana dalam PBA dan problematika dari segi peserta didik, yaitu: a) kurangnya kemauan dan kesungguhan dari peserat didik, b) perbedaan latar belakang, c) kurangnya perhatian dari guru dan orang tua.  Soulisinya yaitu: 1) harus adanya kesiapan bagi seorang guru, 2) memberikan metode yang efesien dan efektif, 3) memberikan fasilitas yang menunjang peserta didik, 4) memberikan motivasi sebelum memulai materi, 5) memperhatikan latar belakang setiap siswa dan 6) memberikan perhatian lebih kepada santri. Adapun harapan peneliti dengan penelitian ini dapat menambah keilmuan dan sebagai sumbangan pemikiran untuk mengoptimalkan upaya sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran khususnya pada pelajar bahasa Arab, dan diharapkan dapat meningkatkan profesionalismenya dalam mengajar sehingga tujuan dalam pembelajaran bahasa Arab bisa dicapai dengan baik dan efesien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alwaraqah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal Al Waraqah: Journal of Arabic Language Education IAIN Bone publishes research based articles that discuss Arabic education and teaching from various aspects. The editor welcomes scholars, researchers and practitioners of Arabic Language Education around the world to submit scientific ...