Jurnal Maritim
Vol 5 No 1 (2023): AGUSTUS Vol. 5 No. 1

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DI PT. PENGADAIAN PERSERO CABANG TANJUNG BALAI KARIMUN

Azmia Laily (Unknown)
Anwar (Unknown)
Sri Reno (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Bisnis utama Pegadaian adalah pemberian pinjaman dengan jaminan barang bergerak baik secara konvensional maupun syariah. Sedangkan bisnis pendukungnya meliputi pembiayaan usaha mikro, cicilan kendaraan bermotor, pembiayaan haji dan wisata syariah, serta beraneka jasa lain seperti pengiriman uang, multi pembayaran online, jasa taksiran, jasa titipan, sertifikasi batu permata, safe deposit box dan tabungan emas. Emas merupakan sejenis logam yang memiliki nilai sangat tinggi. Emas juga biasa disebut sebagai logam mulia karena emas adalah bahan logam terbaik yang digunakan untuk membuat perhiasan dan karya seni bernilai tinggi. Terjadi peningkatan jumlah nasabah dari tahun 2018 produk tabungan emas di kantor unit pelayanan PT. Pegadaian Cabang Tanjung Balai Karimun. strategi pemasaran sangat berperan dalam pengembangan produk tabungan emas di PT. Pegadaian Cabang Tanjung Balai Karimun. Startegi pemasaran yang di terapkan dalam PT. Pegadaian Cabang Tanjung Balai Karimun yaitu sosialisasi, promosi dengan cara menyebarkan brosur dengan adanya strategi pemasaran seperti diatas diharapkan nantinya dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menabung atau menggunakan layanan di PT. Pegadaian Cabang Tanjung Balai Karimun. Berdasarkan analisis data tentang hubungan Analisis Strategi Pemasaran terhadap Minat Masyarakat menggunakan uji korelasi dapat diketahui bahwa Analisis Strategi Pemasaran terhadap Minat Masyarakat memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,906, tanda korelasinya adalah + (positif) artinya jika nilai Analisis Strategi Pemasaran meningkat maka Minat Masyarakat juga meningkat dan sebaliknya. Sehingga hipotesis “Analisis Strategi Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Masyarakat” dapat diterima.

Copyrights © 2023