cover
Contact Name
frangky silitonga
Contact Email
frangkyka@gmail.com
Phone
+6281266329747
Journal Mail Official
frangkyka@gmail.com
Editorial Address
Universitas karimun . tanjung balai karimun-kepri
Location
Kab. karimun,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Maritim
Published by Universitas Karimun
ISSN : 26858827     EISSN : 26858827     DOI : -
Jurnal MARITIM merupakan jurnal yang berfokus kedalam rumpun ilmu maritim
Articles 50 Documents
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA KEPALA KANTOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI KESYAHBANDARAN OTORITAS PELABUHAN KELAS II TANJUNG BALAI KARIMUN Nisha Desfi Arianti
JURNAL MARITIM Vol 1 No 1 (2019): AGUSTUS
Publisher : Prodi Manejemen Kepelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.204 KB) | DOI: 10.51742/ojsm.v1i1.1

Abstract

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan mempunyai tugas komplit dalam bidang keselamatan dan keamanan pelayaran, koordinasi kegiatan pemerintahan di pelabuhan serta pengaturan, pengendalian dan pengawasan kegiatan kepelabuhanan pada pelabuhan yang diusahakan secara komersial. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja kepala kantor terhadap kinerja pegawai Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kelas II Tanjung Balai Karimun. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data studi dokumentasi, analisis regresi linier berganda (SPSS versi 16.0). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan pengaruh gaya kepemimpinan, disiplin kerja kepala kantor terhadap kinerja pegawai, berdasarkan nilai uji T mengenai gaya kepemimpinan T hitung 0,05 (0.020 < 0.05 ) ho1 ditolak h1 diterima, sedangkan motivasi dari t tabel ( 1,379 < 2,028 ), maka ho diterima dan h1 ditolak. Disiplin kerja kepala kantor nilai t tabel ( 3,842 > 2, 028 ), maka ho ditolak dan h1 diterima. Namun yang perlu ditingkatkan adalah mengenai motivasi kerja yang diberikan kepala kantor karena motivasi juga berperan penting dalam sebuah organisasi.
PENGARUH SISTEM PENGURUSAN DOKUMEN TERHADAP PENERBITAN IZIN BONGKAR MUATAN BERBAHAYA DI KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN OLEH PT. SUKSES KARIMUN JAYA RAYA Mey Krisselni Sitompul; Hazil Eka Dharma
JURNAL MARITIM Vol 1 No 1 (2019): AGUSTUS
Publisher : Prodi Manejemen Kepelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.903 KB) | DOI: 10.51742/ojsm.v1i1.2

Abstract

Petugas (Instansi Pemerintah) yang berhubungan atau terkait dengan kegiatan/aktivitas keluar masuknya kapal di pelabuhan yang diselenggarakan perusahaan pelayaran adalah Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Dalam setiap pengurusan dokumen memerlukan biaya. Biaya yang dikeluarkan akan masuk kedalam kas negara yaitu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pengurusan dokumen berpengaruh terhadap penerbitan izin, hambatan, dan pelaksanaan bongkar muatan berbahaya di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Penelitian dilaksanakan pada 15 November 2018, di PT. Sukses Karimun Jaya Raya. Metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan menerbitkan izin bongkar setelah segala persyaratan administrasi dipenuhi oleh perusahaan pelayaran, jika salah satu persyaratan administrasi tidak dipenuhi maka izin bongkar tidak diterbitkan, pengaruh dari sistem pengurusan terhadap terbitnya izin bongkar sangat besar, jika perusahaan pelayaran terlambat mengajukan permohonan izin bongkar maka izin bongkar tidak akan diterbitkan. Pelaksanaan bongkar muatan berbahaya berupa bahan bakar minyak solar oleh PT. Sukses Karimun Jaya Raya pada dasarnya meliputi beberapa tahapan seperti Stevedoring, Cargodoring, Receiving, bongkar muatan bahan bakar minyak solar dilaksanakan jika nakhoda kapal telah menerima dokumen izin bongkar dari perusahaan pelayaran, izin bongkar diterbitkan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan.
IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG PELAYARAN NO. 17 TAHUN 2008 TENTANG PENGAWASAN ALAT KESELAMATAN KERJA KARYAWAN PT. CITRA GADING LESTARI CABANG TANJUNG BALAI KARIMUN Arief Rachman. B; Sofian
JURNAL MARITIM Vol 1 No 1 (2019): AGUSTUS
Publisher : Prodi Manejemen Kepelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.134 KB) | DOI: 10.51742/ojsm.v1i1.3

Abstract

Penelitian implementasi Undang-Undang pelayaran No. 17 tahun 2008 tentang pengawasan alat keselamatan kerja karyawan di lakukan pada PT. Citra Gading Lestari cabang Tanjung Balai Karimun dilaksanakan dari 01 September 2018 hingga 1 Februari 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Undang-Undang No.17 Tahun 2008 di PT. Citra Gading Lestari cabang Tanjung Balai Karimun. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja yang tercatat sebagai karyawan dan kapal yang tercatat sebagai milik PT. Citra Gading Lestari cabang Tanjung Balai Karimun . PT Citra Gading Lestari telah menerapkan kebijakan dalam perlindungan tenaga kerja mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan telah melaksanakan Implementasi dari Undang-undang No 17 tahun 2008 sudah sesuai.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN TERHADAP SISTEM FASILITAS NAIK TURUN PENUMPANG KAPAL PADA PT. PELINDO I (PERSEROAN) CABANG TANJUNG BALAI KARIMUN Diky Budiman; Nuraeni Zisca Cahyani
JURNAL MARITIM Vol 1 No 1 (2019): AGUSTUS
Publisher : Prodi Manejemen Kepelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.074 KB) | DOI: 10.51742/ojsm.v1i1.4

Abstract

Fasilitas pelabuhan merupakan segala sesuatu yang dapat memudahkan dan memperlancar pelaksanaan penyelenggaraan kepelabuhan dapat berupa barang maupun uang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Sistem Fasilitas Naik Turun Penumpang Kapal Pada Terminal Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun oleh PT. Pelindo I (Persero) cabang Tanjung Balai Karimun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 50 responden. Bеrdаsаrkаn hаsil аnаlisis rеgrеsi liniеr sederhana yаng tеlаh dilаkukаn, dаpаt dikеtаhui nilаi koеfisiеn rеgrеsi vаriаbеl Kualitas Pelayanan (X) sеbеsаr 0,634 bеrtаndа positif dеngаn nilаi sig. 0,008 lеbih kecil dаri ⍺ 0,05 (dengan tingkat kepercayaan 95%). Hаl ini mеnunjukkаn bаhwа Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sistem Fasilitas. Uji T, hipotesis terjawab bahwa Ha ditеrimа dаn mеnunjukkаn bаhwа Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Sistem Fasilitas, diperoleh nilai t hitung sebesar 2,445 dengan tingkat signifikansi 0,008. Dimana Thitung (2,445) > Ttabel (2,01) dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. Dimana Kualitas Pelayanan Pelabuhan tidak berbeda nyata terhadap Sistem Fasilitas Naik Turun Penumpang Kapal Pada Terminal Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun Oleh PT. Pelindo I (Persero) Cabang Tanjung Balai Karimun.
EFEKTIVITAS PENGAWASAN BARANG PENUMPANG MELALUI PELABUHAN FERRY INTERNASIONAL OLEH KANTOR BEA DAN CUKAI TANJUNG BALAI KARIMUN Tri Mardalena
JURNAL MARITIM Vol 1 No 1 (2019): AGUSTUS
Publisher : Prodi Manejemen Kepelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.856 KB) | DOI: 10.51742/ojsm.v1i1.5

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah minimnya jumlah pegawai Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) di lingkungan pelabuhan penumpang Internasional Tanjung Balai Karimun, sehingga proses pengawasan pemeriksaan barang penumpang dijumpai beberapa masalah. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengawasan barang penumpang melalui pelabuhan ferry internasional oleh kantor Bea dan Cukai Tanjung Balai Karimun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian sebanyak 50 responden terdiri dari 9 orang Bea dan Cukai dan 41 orang penumpang. Hasil penelitian berupa tabulasi data responden terhadap frekuensi dan nilai klasifikasi. Berdasarkan analisa dapat disimpulkan, bahwa tanggapan responden tentang petugas Bea dan Cukai saling bekerja sama untuk mencapai hasil yang lebih baik dinyatakan SEDANG, petugas Bea dan Cukai mampu bekerja dengan lebih baik dalam melakukan pengawasan, meskipun penyeludupan terhadap barang penumpang terus meningkat dinyatakan BAIK, petugas Bea dan Cukai bertanggung jawab atas tugas yang diberikan terutama pengawasan barang bawaan penumpang berupa penyeludupan dinyatakan BAIK, petugas Bea dan Cukai yang masih bolos dalam melaksanakan tugasnya sedangkan jumlah pegawai Bea dan Cukai itu sendiri tidak sesuai dengan jumlah penumpang di pelabuhan ferry Internasional Tanjung Balai Karimun dinyatakan BAIK, petugas Bea dan Cukai menunjukkan kesabaran dan perhatian kepada penumpang dinyatakan SEDANG, petugas Bea dan Cukai mampu mengecek barang dengan teliti dinyatakan SEDANG, dan tanggapan responden tentang petugas Bea dan Cukai yang mampu memberikan pengawasan terhadap penumpang yang kedapatan membawa barang larangan membuat petugas mendapat kepuasan kerja atas tugas yang diberikan dinyatakan SEDANG.
VOLUME KEGIATAN BONGKAR BARANG DI PT.LINTANG SAMUDERA PADA TAHUN 2018 Mey Krisselni Sitompul; Nisha Desfi Arianti
JURNAL MARITIM Vol 1 No 1 (2019): AGUSTUS
Publisher : Prodi Manejemen Kepelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.706 KB) | DOI: 10.51742/ojsm.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Lintang Samudera dengan tujuan untuk mengetahui volume kegiatan bongkar barang pada PT. Lintang Samudera selama tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one shot study yaitu dengan pengumpulan data dalam satu tahap. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer dilakukan dengan teknik wawancara sedangkan data sekunder dengan mengumpulkan dokumen laporan bulanan yang meliputi:. arus kunjung kapal, jenis barang bongkar muat, arus kedatangan dan keberangkatan kapal, fluktuasi volume bongkar barang tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama tahun 2018, volume bongkar barang yang dilakukan oleh PT Lintang Samudera sebesar 12776300 Kg/m3. PT. Lintang Samudera melakukan bongkar barang pada kapal KM. Lintas Bahari 18 dan KM. Bahari 22. Adapun barang yang dibongkar adalah dari jenis kelontongan dan kelontongan mobil. Selama tahun 2018, fluktuasi trip kedatangan kapal rata-rata setiap bulan hanya satu kali dengan masa bongkar rata-rata 2-14 hari hingga kapal kembali ke Jakarta dan setelah rata-rata 23 hari, kapal kembali ke Tanjung Balai Karimun. Hal ini masih terlalu lama jika mengingat pelabuhan-pelabuhan maju lainnya. Semakin meningkat kegiatan bongkar muat dalam usaha ekspor impor akan meningkatkan perekonomian Kabupaten Karimun khususnya.
DISTRIBUSI DAN KARAKTERISTIK HABITAT IKAN TEMBAKUL (Gobiidae spp) DI PESISIR PANTAI PULAU TERNATE PROVINSI MALUKU UTARA Nebuchadnezzar Akbar
JURNAL MARITIM Vol 1 No 2 (2020): FEBRUARI
Publisher : Prodi Manejemen Kepelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.726 KB) | DOI: 10.51742/ojsm.v1i2.46

Abstract

Ikan tembakul merupakan jenis biota yang memanfaatkan pantai sebagai habitat. Daerah ini dijadikan sebagai tempat hidup dan berkembang, selain itu dijadikan lokasi mencari makanan. Mudskipper merupakan ikan yang hidup di daerah pasang-surut dan menyerupai hewan amfibi serta menyukai daerah berlumpur. Penelitian bertujuan untuk menganalisis struktur komunitas dan karakteristik habitat ikan Tembakul di pesisir pantai Ternate. Sampel ikan diambil menggunakan jaring berukuran 3x3 meter dengan menggunakan metode survey jelajah. Ikan kemudian dihitung jumlah, difoto dan dilakukan identifikas jenis. Analisis menggunakan rumus kelimpahan (X), keanekaragaman jenis (H’), dominansi (C) dan keseragaman jenis (E). Pengambilan data topografi dan tipe pantai dilakukan berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, dengan melihat kondisi langsung karakteristik pantai setiap stasiun. Hasil penelitian nama ikan tembakul (lokal:Tidalo) ditemukan 5 jenis yaitu Boleophtalmus boddarti, Periophtalmus chrysospilos, Periophtalmus waltoni, Periophtalmus gracilis ,Periophtalmus weberi. Jumlah spesies ditemukan berbeda di setiap stasiun. Kelimpahan ikan tertinggi di stasiun I dan II, kemudian terendah pada stasiun V. Keankeragaman jenis ikan rendah, keseragaman kecil dan dominansi rendah. Karakteristik habitat ikan tembakul ditemukan pada daerah pantai berbatu dan berpasir dengan karakteristik topografi bervariasi.
PKM PEMETAAN PARTISIPATIF KAWASAN EKOWISATA MANGROVE DI DESA PAGATAN BESAR KABUPATEN TANAH LAUT PROPINSI KALIMANTAN SELATAN Baharuddin; Ulil Amri
JURNAL MARITIM Vol 1 No 2 (2020): FEBRUARI
Publisher : Prodi Manejemen Kepelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.229 KB) | DOI: 10.51742/ojsm.v1i2.68

Abstract

Kawasan mangrove di Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut memiliki potensi sebagai tujuan wisata alam. Beberapa upaya yang telah dilakukan untuk memetakan kawasan mangrove di wilayah pesisir Kalimantan Selatan, akan tetapi sangat sedikit kegiatan tersebut berhasil. Sifat biologis mangrove yang tumbuh di kawasan peralihan antara dan lautan menyebabkannya sangat rentan terhadap gangguan atau kerusakan. Mengingat pentingnya keberadaan dan peranan ekosistem hutan mangrove bagi daerah pantai sebagai kawasan ekowisata, maka penataan dan pengelolaan hutan mangrove yang sesuai dengan sifat dan karakteristiknya sangat perlu dilakukan. Dalam hal ini, salah satu upaya yang diperlukan adalah kegiatan pemetaan hutan mangrove untuk keperluan ekowisata. Untuk mendukung kegiatan tersebut, diperlukan kegiatan sosialisasi, pelatihan rehabilitasi mangrove yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai yang diharapkan, sehingga kawasan ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang efektif dan berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam rangka memetakan kawasan ekosistem mangrove bersifat deskriptif dengan pendekatan partisipatif yaitu melalui pendekatan sosialisasi, penyuluhan dan pembentukan kelompok binaan, penanaman, penyulaman, hingga pemeliharaan. Hasil yang dicapai pada pengabdian ini berupa rencana pengembangan kawasan pesisir (mangrove), terwujudnya penguatan kapasitas kelembagaan, sehingga masyarakat mampu swamandiri di berbagai bidang.
DAMPAK PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN PULAU MAPUR KABUPATEN BINTAN Zola Febriani; Khairul Hafsar
JURNAL MARITIM Vol 1 No 2 (2020): FEBRUARI
Publisher : Prodi Manejemen Kepelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.684 KB) | DOI: 10.51742/ojsm.v1i2.69

Abstract

Kawasan konservasi perairan adalah kawasan perairan yang dilindungi, dikelola dengan sistem zonasi, untuk mewujudkan pengelolaan sumberdaya ikan dan lingkungannya secara berkelanjutan. Penetapan zona inti merupakan bagian dari kegiatan penentuan zonasi disuatu daerah tertentu guna menjaga dan terpeliharanya sumberdaya ikan yang ada pada zona inti yang ditetapkan. Zona inti merupakan daerah pemijahan, pengasuhan dan/atau alur ruaya ikan. Penetapan zona inti berdampak pada sumberdaya ikan yang ada di Pulau Mapur Kabupaten Bintan bertambah dan pendapatan masyarakat nelayan tradisional meningkat sebanyak 30%. Manfaatnya yang besar membuat masyarakat Pulau Mapur menambah zona inti dari satu zona menjadi tujuh zona inti yang ditetapkan berdasarkan musyawarah desa dengan harapan laut tetap terjaga dan hasil laut akan berlimpah dan tentunya akan meningkatkan kesejahteraan nelayan Pulau Mapur dan sekitarnya
Keanekaragaman Jenis Moluska Di Wilayah Mangrove Pesisir Kelurahan Teluk Uma Kabupaten Karimun Arief Rachman. B; Nisha Desfi Arianti
JURNAL MARITIM Vol 1 No 2 (2020): FEBRUARI
Publisher : Prodi Manejemen Kepelabuhan dan Pelayaran, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Karimun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.79 KB) | DOI: 10.51742/ojsm.v1i2.79

Abstract

Abstrak Moluska merupakan salah satu mahkluk hidup yang tinggal diwilayah pesisir Kelurahan Teluk Uma. Tujuan dari Penelitian ini untuk melihat habitat dan keberagaman jenis moluska dari kelompok gastropoda (Siput dan bivalvia (Kerang). Pengambilan sampel moluska dikumpulkan langsung dari lokasi penelitian pada tanggal 08 – 14 Juli 2019 dengan menggunakan metode kuadran (plot) pada 3 (tiga) stasiun. Kondisi habitat moluska pada stasiun 1 masih cukup lebat , untuk stasiun 2 kondisi mangrove sudah kurang padat dan pada stasiun 3 mangrove masih dalam kondisi cukup baik. Untuk sampel moluska yang diperoleh diawetkan menggunakan formalin 10%, disimpan dalam kantong plastik ukuran 1 kilogram. Selama pengamatan dilokasi berhasil dikumpulkan 8 jenis moluska yaitu: Littorina sp., Morula sp., Telescopium sp., Piranella sp., Ceritidae sp., Nerita sp., Gafirium Tumidum, dan Strombus sp.. Nilai keanekaragaman jenis (H’) berkisar antara 0,6261 – 2,0363, nilai keseragaman (E) berkisar antara 0,3131 – 0,253, dan nilai dominansi (C) berkisar antara 0,2861 – 0,7796. Nilai keanekaragaman tertinggi terdapat pada stasiun 3 (2,0363) dan terendah di stasiun 2 (0,6261).