Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura

Ketidaksempurnaan yang Menarik Lebih Banyak Orang: Bagaimana The Pratfall Effect Bekerja dalam Viral Baso A Fung Di Bali 2023

Nurul Fadhillah S (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

The Pratfall Effect menjadi pendekatan psikologis yang bisa dimanfaatkan untuk menambah citra positif dari sebuah brand. Bekerja atau tidaknya pendekatan ini bisa dilihat dari interaksi publik, misalnya di media sosial Instagram dan TikTok. Kejadian yang melibatkan Jovi Andhiguna sebagai seorang content creator dan Baso A Fung sebagai brand yang lama, membuat opini publik bersirkulasi. Penelitian ini menganalisis 13 tangkap layar yang secara garis besar memperlihatkan bagaimana kasus Jovi dan Baso A Fung bisa viral, bagaimana mereka menyelesaikannya, dan tanggapan pengguna media sosial atas tindakan keduanya. Hasilnya, The Pratfall Effect bekerja dalam studi kasus Jovi yang mengonsumsi kerupuk babi di gerai Baso A Fung. Hal ini bisa berhasil sebab Jovi dan Baso A Fung sama-sama mencitrakan dirinya positif selama ini. Ketika kasus tersebut viral, publik yang tadinya kecewa dengan Baso A Fung, sekarang memberikan respon positif karena tindakan yang diambil oleh Baso A Fung dan Jovi dalam menyelesaikannya dinilai membuat kepercayaan masyarakat lebih meningkat lagi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

transceiver

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura merupakan situs akademis yang berisi kumpulan artikel ilmiah, dengan fokus aspek keilmuan ilmu komunikasi. Ilmu Komunikasi menjadi salah satu cabang keilmuan yang sangat penting, mengingat tanpa komunikasi manusia tidak dapat berinteraksi satu sama lain. Jurnal Ilmu ...