cover
Contact Name
Aksa Noya
Contact Email
jilkompattimura@gmail.com
Phone
+6281248586420
Journal Mail Official
jilkompattimura@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ir. M. Putuhena, Poka-Ambon
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Published by Universitas Pattimura
ISSN : 29627230     EISSN : 2830473X     DOI : https://doi.org/10.30598
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura merupakan situs akademis yang berisi kumpulan artikel ilmiah, dengan fokus aspek keilmuan ilmu komunikasi. Ilmu Komunikasi menjadi salah satu cabang keilmuan yang sangat penting, mengingat tanpa komunikasi manusia tidak dapat berinteraksi satu sama lain. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura secara spesifik bertujuan untuk menjawab tantangan manusia di era modernisasi, dengan berkembangnya teknologi, maka literasi digitalisasi begitu bermanfaat demi mewujudkan individu atau kelompok yang cerdas, dan kreatif dalam menggunakan platform media massa dan new media. Berikut dibawah ini mekanisme proses editorial and publishing.  Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura merupakan jurnal akademik yang berkaitan dengan kajian teori dan praktik komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura didedikasikan untuk menerbitkan karya asli dalam konteks umum Media Baru dan Teknologi Komunikasi, Komunikasi Budaya, Hubungan Masyarakat, Komunikasi Konflik, Media, dan Jurnalisme.
Articles 32 Documents
Komunikasi Ritual dalam Tradisi Aroha di Negeri Elfule Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan Yustina Sopacua; Vransisca Kissya
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol1iss1pp1-19

Abstract

Artikel ini membahas tentang komunikasi ritual dalam tradisi Aroha di Desa Elfule Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan atau menggambarkan tentang Komunikasi Ritual Dalam Tradisi Aroha Di Desa Efule Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan. Penelitian ini delaksanakan di Desa Elfule Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selataan. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini adalah 5 orang. Pengabilan data primer dilakukan melalui wawancara dengan beberapa pihak atau informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, obserfasi, dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Komunikasi Ritual Dalam Tradisi Aroha Di Desa Elfule Kecamatan Namrole Kabupaten Buru Selatan Masyarakat negeri elfule masih mematuhi aturan-aturan dari leluhur terdahulu sampai sekarang seperti orang-orang tertentu yang memiliki otoritas tertinggi dalam proses tradisi aroha berlangsung masih tetap terjaga hingga saat ini, Tidak seluruh masyarakat negeri elfule memahami tentang tata cara perayaan tradisi Aroha komunikasi ritual tradisi Aroha itu sendiri banyak masyarakat negeri yang tidak tahu tetapi semua hal itu hanya di ketahui oleh orang-orang khusus atau tertentu seperti Tokoh-Tokoh Adat Tokoh-Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat sedangkan anak-anak Adat sendiri bahkan sebagian besar ada yang belum memahami dan mengatahui semua hal itu.
Efektifitas Komunikasi Interpersonal dalam Bimbingan Konseling Guru dan Murid di SMP Negeri 9 Ambon Selvianus Salakay; Yohana Nahuway
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol1iss1pp20-35

Abstract

Perkembangan fisiologi siswa pada jenjang umur akil-balik secara psikologis masih dihadapkan pada pencarian jati diri dan rentan pada perbuatan yang melanggar aturan sekolah dan menimbulkan banyak persoalan. Menghadapi kondisi seperti ini di butuhkan Guru Bimbingan Konseling yang dapat memainkan peran khusus ketika berhadapan dengan siswa yang bermasalah. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengkaji dan mengetahui tentang pola komunikasi interpersonal yang efektif dalam bimbingan konseling antara guru dan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Ambon. Pengambilan informan secara purposive sampling yakni guru bimbingan konseling dan siswa dengan kriteria yang sedang atau pernah membuat masalah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data model interaktif dimana data direduksi, disajikan dan diverifikasi atau menarik kesimpulan yang terarah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi interpersonal dalam bimbingan konseling antara guru dan siswa memperlihatkan lima aspek penting. Aspek keterbukaan memperlihatkan bahwa siswa yang bermasalah lebih banyak memilih berkata tidak jujur atau tidak terbuka. Akhirnya guru menerapkan teknik komunikasi persuasif dalam penyelesaian masalah siswa. Aspek empati memperlihatkan adanya rasa empati dan peduli yang tinggi dari guru bimbingan konseling terhadap permasalahan siswa. Aspek dukungan memperlihatkan guru bimbingan konseling memahami permasalahan siswa dan memberikan penguatan dan motivasi agar bisa keluar dari permasalahannya. Aspek sikap positif memperlihatkan bahwa sikap positif guru sangat mempengaruhi suasana interaksi dan komunikasi siswa. Aspek kesamaan atau kesetaraan memperlihatkan perlakuan guru terhadap siswa dilakukan sama. Kesimpulan pola komunikasi interpersonal yang efektif dalam bimbingan konseling antara guru dan siswa memperlihatkan lima aspek penting yakni keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dan kesetaraan/kesamaan sangat berperan dalam tercapainya efektifitas komunikasi antara guru Bimbingan Konseling dan siswa.
Analisis Wacana Kritis Pada Pemberitaan Mobil Dinas Gubernur Maluku Muhammad Iqbal Husein; Said Lestaluhu
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol1iss1pp36-68

Abstract

Media tidak saja tergantung pada berita kejadian (news event), tetapi ia memiliki tanggung jawab untuk menggiring orang melalui agenda-agenda yang bisa membuka pikiran khalayak luas (Cangara:2011). Penggiringan ini umumnya dilakukan media secara tersirat, seolah-olah media menyanjikan berita dengan tanpa mimihak atau bebas nilai. Pendekatan ini yang mendasari analisis lebih jauh lagi, makna atau nilai dibalik produksi pemberitaan kasus pengadaan mobil dinas Gubernur Maluku yang dimuat Koran Siwalima. Penelitian difokuskan hanya pada berita pengadaan mobil dinas Gubernur Maluku edisi Mei dan Juni 2021. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis bagiamana Koran Siwalima menkonstuksikan fakta-fakta pengadaan mobil dinas Gubenrur Maluku serta menganalisis makna/agenda dibalik pemberitaan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan pendekatan Analisis Wacana Kritisi model Teun van Dijk. Model ini membagi konten dalam tiga tingkatakan, yaitu Struktur Makro yang terdiri atas tematik dan sub topik. Super struktur yang terdiri dari judul pendahuluan, isi, penutup dan simpulan, serta Struktur mikro yang terdiri dari semantik, sintaksis, dan retoris . Selanjutnya, penelitian ini bisa dikembangkan lagi sebagai model identifikasi konten media yang lebih spesifik, misalkan menganlisis informasi hoaks atau fakta.
Pola Komunikasi persuasif Pimpinan Universitas dalam Mengatasi Demonstrasi Mahasiswa di Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar Muh Iqbal; Anwar Parawangi; Arni Arni
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol1iss1pp69-83

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasif Pimpinan Universitas Muhammadiyah Makassar Dalam Mengatasi Demonstrasi . Jenis dan tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif kualitatif . informan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi , wawancara , dan dokumentasi . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data , penyajian data, penarikan kesimpulan . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa komunikasi persuasif Pimpinan Universitas Dalam Mengatasi Demonstrasi Merujuk 2 aspek yaitu : (1). Pola Komunikasi persuasif kognitif yaitu dengan memberikan penjelasan serta pemahaman untuk demonstran dan (2). Pola Komunikasi efektif yaitu dengan membangun kepercayaan dengan demonstran.
Model Strategis Co-Cultural Masyarakat Sipil Aksa Noya
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol1iss1pp84-100

Abstract

Artikel ini akan mengekplorasi model Strategis Co- Cultural (Komunikasi budaya), penulis melihat urgensi kajian ini yang pertama, penelitian ini melihat komunikasi budaya yang berorintasi pada nilai sejarah dan budaya adat istiadat; kedua, penulisan ini melihat konflik antara masyarakat negeri Pelauw, dusun Ori dan negeri Kariu yang secara geografis memiliki wilayah yang sama, sehingga ketiga wilayah yang bertikai ini tidak berbeda secara budaya. Rekonsiliasi terpadu dalam penyelesaian konflik tanah antara Negeri Pelauw, Dusun Ori dan Negeri Kariu tergolong konflik masyarakat sipil, sehingga memerlukan intervensi yang melibatkan kerjasama berbagai pihak, sebagai wewenang pemerintah dan masyarakat itu sendiri. Dalam hukum positif melalui peraturan daerah Kabupaten Maluku Tengah No. 04 tahun 2017 merumuskan bahwa Saniri negeri merupakan mitra dari pemerintah negeri. Dapat dilihat bahwa pemerintah perlu memfasilitasi Komunikasi antar lembaga adat (saniri negeri) agar dapat bersinergi dalam menyelesaikan masalah antar Negeri Pelauw, dusun Ori dan Negeri Kariu. Narasi asal-usul identitas inilah yang harus menjadi modal budaya dan spiritual untuk menciptakan sense atau rasa kolektif dari kedua pihak Tolok ukur efektivitas keberhasilan komunikasi budaya apabila masyarakat negeri Pelauw, dusun Ori dan negeri Kariu, mengedepankan yang nilai budaya yang berorientasi pada kesadaran sejarah, kesadaran hukum dan kesadaran akan kemanusiaan. Kesadaran akan kemanusiaan memiliki peran penting demi mewujudkan hukum demokarasi di Maluku. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif, dengan melihat kasus pertikaian dan cara penyelesaian yang dilakukan oleh pemerintah, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi wacana media. Begitupun penawaran konten komunikasi budaya yang lebih efektiv dan efisien dalam penyelesaian konflik batas tanah Negeri Pelauw, Dusun Ori dan Negeri Kariu.
Fenomena Komunikasi Kaum Gay di Era Digital ROBET SIDABALOK; Sandra Telussa
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol1iss2pp196-213

Abstract

Deviant sexual orientation makes it difficult for gays to interact and communicate like a dominant society, this makes gays need an alternative media in order to interact and communicate with the aim of meeting their social and sexual needs. Gays also use blued applications to meet these needs. This study aims to determine the phenomenon of gay communication on the blued application in the city of Ambon. The theoretical basis used in this research is the theory of social penetration and computer mediated communication (CMC). This research is a qualitative descriptive study with an individual unit of analysis, namely gay people who use the blued application. This study uses data collection techniques in the form of interviews with six resource persons, participatory observation, and documentation. Data analysis techniques used in this study were data reduction, data presentation, conclusion drawing and data triagulation. The results of this study indicate that gay users of the Blued application in Ambon City have different goals and ways when using the application to fulfill their personal needs. gay people also have different special criteria when they start a communication with each other in the application. So it is undeniable that technology-mediated communication is very helpful for gay people to be able to interact and communicate with each other. Although to improve relationships, it must still be done with several other supporting social media platforms in order to create better relationships. Based on the results of the study, mediated communication is very helpful in meeting the needs of gay people, but the communication that exists between gay people face to face is still the final achievement of developing a relationship that has been built for the better.
Transformasi Radio Konvensional di Era Digital (Studi Kasus Pada Radio Duta 90.9 FM Ambon) Puan Maharani; Said Lestaluhu; Ronald Alfredo
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol1iss2pp214-231

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat memicu munculnya media baru. Kemunculan media-media baru tersebut turut mengambil alih fungsi dan peran media lama seperti radio. Internet merupakan salah satu bentuk media baru yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini dalam memperoleh informasi dan hiburan. Transformasi menjadi pilihan bagi media lama seperti radio berbasis konvensional untuk dapat beradaptasi dan mempertahankan eksistensinya di era digital. Oleh karena itu, perlu adanya analisa terkait transformasi yang dilakukan radio konvensional di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana transformasi yang dilakukan radio duta 90.9 FM Ambon di era digital. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data primer dilakukan melalui wawacara dan observasi terhadap sejumlah informan yang terlibat langsung dalam proses transformasi yang dilakukan Radio Duta 90.9 FM Ambon. Adapun informannya yaitu Pimpinan Radio. Staff Radio. Dan Penyiar Radio. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Radio Duta yang dulu hanya berbasis konvensional kini telah menggunakan internet sebagai metode lain dalam penyiarannya. Metode penyiaran yang digunakan berupa siaran yang dapat didengar melalui aplikasi khusus Radio Duta serta website streaming. Selain itu Radio Duta juga telah memanfaatkan keberadaan media sosial seperti instagram, twitter, dan laman facebook sebagai media penyebaran informasi serta media komunikasi antara penyiar dan pendengar. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, Radio Duta telah sadar akan perubahan teknologi di era digital serta sadar akan perlunya adaptasi di era digital untuk dapat terus mempertahankan eksistensinya dengan telah melakukan tranformasi penyiaran. Walaupun, transformasi yang dilakukan dirasa belum dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena masih terdapat banyak kekurangan pada media-media yang digunakan oleh Radio Duta. Selain itu, Radio Duta dalam proses transformasinya di era digital ini telah mengaplikasikan konsep konvergensi karena dalam transformasi yang dilakukan, Radio Duta telah melakukan penggabungan media dengan menghadirkan radio bersama platform digital seperti internet untuk menyampaikan sebuah informasi kepada pendengar.
Promosi Kartu Perdana By.U Oleh Perusahaan Telkomsel Dalam Menjangkau Pasar Anak Muda Muhammad hasan; Yustina Sopacua S.Sos
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol2iss1pp320-341

Abstract

Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian mix metode deskripsi kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dan bauran promosi yang dilakukan oleh perusahaan Telkomsel dalam mempromosikan kartu By.U dalam menjangkau pasar anak muda. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Telkomsel Jakarta Pusat, namun dikarenakan pandemic Covid 19 menjadi melalui virtual menggunakan zoom. Pengambilan data primer dilakukan melalui dua cara yaitu wawancara dan kuesioner. Wawancara terhadap informan yang terlibat dalam mempromosikan kartu By.U dalam menjangkau pasar anak muda, Adapun informan adalah Ibu Evita Purnamasari selaku By.U creative branding evangelist. Dan kuesioner terhadap respon khalayak yang melihat dan kepuasan terhadap promosi yang dilakukan oleh perusahaan Telkomsel dalam memperkenalkan Kartu By.U, Ada 110 respondent dari berbagai daerah di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perusahaan Telkomsel dalam mempromosikan kartu By.U menggunakan strategi komunikasi dengan metode Agile yang dimana perusahaan telkomsel selalu literasi Bersama penggunanya yang notabenenya anak muda dalam mengembangkan produk yang dikembangkan sekarang, dan juga perusahaan Telkomsel menggunakan bauran promosi untuk menggaet para konsumennya dengan 4 bauran promosi yang telah dilakukan oleh perusahaan Telkomsel yaitu; periklanan (advertising), personal Selling, Publikasi, dan Pameran, penggunaan strategi promosi yang menarik dapat menarik perhatian para khalayak terkhususnya anak muda. Media yang digunakan oleh perusahaan Telkomsel dalam mempromosikan produknya terkhusus kartu perdana By.U adalah media sosial yang dimana penggunanya anak muda. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Bauran Promosi, Branding
Model Manajemen Komunikasi Sosial Kodam XVI Pattimura Nisa Atin Nur; Pahrul Idham Kaliky
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol2iss1pp342-351

Abstract

ABSTRACT : The Indonesian National Army (TNI) is an instrument of the state in charge of maintaining and protecting state security. Currently the threat of division through negative issues is spreading on social media so it needs to be addressed. TNI also has a dark history in the New Order era, so that reforms continue to be carried out to win the hearts and minds of the people. The number of cases involving elements of the TNI has made the community re-equalize the TNI as before. Social communication is an important element that must be done in overcoming these problems. The purpose of this study was to determine the social communication management of KODAM XVI Pattimura. The theory used is communication management and S-O-R by using qualitative research methods. Data collection techniques used are in-depth interviews and direct observation. The results obtained are: social communication management KODAM XVI Pattimura using the POAC management function and the Matouscha doll management model consisting of self, interpersonal, system and competence. It can be concluded that the management of social communication has an effect on changes in people's attitudes and perceptions. So that it can be said effective even though it still has drawbacks. Keywords: Social Communication Management, Matouscha Doll, POAC Management Function
Aksesibilitas Komunikasi Antar Pulau Di Desa Ameth Kecamatan Teon Nila Serua Kabupaten Maluku Tengah Philips Aulele; Fatmawati Rumra
Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura
Publisher : Department of Communication Science, University of Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/JIKPvol2iss1pp352-363

Abstract

Communication is very important for humans, especially the people of Ameth Viliage. Therefore, this study aims to analyze the inter-island communication process in Ameth Village ang analyze alternative government solutions to realize inter-island communication accessibillity services for the just people of Ameth Village. The formulation of the problem in this study includes how the accessibility of communication on Nila Island, Ameth Village can be used to meet information needs in people`s lives. This type of research is qualitative. Informants of this research amounted to 6 people. The determination of the informants was taken by purposive sampling, which is based on certain criteria as follows: the people of Ameth Village who are involved in the inter-island communication process, are male and female and aged 20-65 years. Data collection techniques used in this study were interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that inter-island communication carried out by the Ameth Village community is very important so that the community really needs the role of the government in helping to meethe information needs of the community in the inter-island communication process. It can be concluded that the communication carried out by the community has been very helpful, but there are several obstacles in the form of the use of communication media and the role of the government so that the government's role is needed in overcoming these obstacles.

Page 1 of 4 | Total Record : 32