Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara disekolah yang diketahui media yang digunakan masih sederhana karena tidak informatif menyebabkan hasil belajar peserta didik kurang, tampak dari nilai KKM klasikal hasil ulangan harian yang masih kurang memuaskan karena beberapa di antaranya belum mencapai nilai yang ditentukan (78). Tujuan penelitian ini, mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media Pop Up Cell Card pada materi sel kelas XI SMA Negeri 6 Takalar, mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media Charta pada materi sel kelas XI SMA Negeri 6 Takalar, mengetahui pengaruh penggunaan media Pop Up Cell Card pada materi sel terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi yang digunakan seluruh peserta didik kelas XI. kelas XI 2 dan kelas XI 3 dipilih menjadi sampel dengan masing-masing terdiri dari 32 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (XI 2) adalah 84,13, sedangkan nilai pre-test sebesar 34,88. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Pop Up Cell Card pada materi sel terhadap hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024