Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 01 (2023): Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pasca Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar Di Indramayu

Fuji Haryati (Universitas Pelita Bangsa)
Liyana Sunanto (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan Literasi Numerasi siswa kelas atas sekolah dasar pasca pembelajaran daring selama pandemi COVID-19; (2) menganalisis kemampuan Literasi Numerasi siswa kelas bawah sekolah dasar pasca pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 (2) menguraikan kendala dan hambatan yang terjadi pada saat pengimplementasian pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas III dan V Sekolah Dasar di SDN 02 dan 05 Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Tahun Ajaran 2022-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data yakni tes soal tertulis, wawancara. Adapun Teknik analisis data menggunakan uji statistika deskriptif untuk mengukur kemampuan Literasi Numerasi siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukan kemampuan Literasi Numerasi siswa kelas Atas (kelas V) SDN 2 Eretan Kulon adalah dari 43 siswa yang mengikuti tes soal literasi numerasi yang mendapat nilai A ada 5 siswa (11,63%), yang mendapat nilai B ada 14 siswa (32,56%), Nilai C dicapai oleh 14 siswa (32,56 %), Nilai D ada 10 orang siswa (23,25%). dari 45 siswa yang mengikuti tes soal literasi numerasi kelas bawah (kelas III) tidak ada yang mendapat nilai A ,yang mendapat nilai B ada 6 siswa (13,33%), Nilai C dicapai oleh 5 siswa (11,11%),dan Nilai D ada 34 siswa (75,56%). Dan kemampuan Literasi Numerasi SDN 5 Eretan Kulon siswa kelas Atas (kelas V) adalah dari 45 siswa yang mengikuti tes soal literasi numerasi kelas V tersebut tidak yang mendapat nilai A dan B. Nilai C dicapai oleh 2 siswa (7,7%), Nilai D ada 24 siswa (92,3%). Populasi 22 siswa yang mengikuti tes soal literasi numerasi kelas III tersebut keseluruhannya mendapatkan Nilai D ada 22 siswa (100%) dan hambatan pengimplementasian terjadi disemua faktor dari orang tua, sekolah, pemerintah sampai lingkungan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPGSD

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar published by the Universitas Pelita Bangsa. This journal publishes scientific papers that discuss the results of research studies and literature reviews as well as the latest issues and trends that occur in elementary school science studies. This journal is published ...