Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Type SDTA Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Liyana Sunanto (Universitas Pelita Bangsa)
Nurdin Kamil (Universitas Tangerang Raya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan signifikan antara kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang di kelas V sekolah dasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPGSD

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar published by the Universitas Pelita Bangsa. This journal publishes scientific papers that discuss the results of research studies and literature reviews as well as the latest issues and trends that occur in elementary school science studies. This journal is published ...