Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA FPB DAN KPK MELALUI MEDIA DAKON MATEMATIKA KELAS IV SDN BOGOREJO KECAMATAN BANCAR KABUPATEN TUBAN

Kholishotul Hikmah (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)
Mu'jizatin Fadiana (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menduduki peranan penting dalam pendidikan. Selama ini pembelajaran matematika pada tingkat sekolah dasar sebagian besar dilaksanakan dengan metode ceramah, guru enggan menggunakan media pembelajaran, dengan alasan bahwa penggunaan media pembelajaran membutuhkan biaya besar dan kurang praktis. Permasalahan yang terjadi di SDN Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Hal ini terbukti dari pelaksanaan ulangan harian, hasil yang diperoleh belum mencapai KKM (Kriteria Kelulusan Minimal) yang ditentukan sekolah yaitu 75. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan media “Dakon Matematika”. Media “Dakon Matematika” ini merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan rendahnya nilai peserta didik dalam pembelajaran matematika, khususnya materi FPB dan KPK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil evaluasi belajar meningkat dari Siklus I 70,37% dan Siklus II 92,59% setelah menggunakan media Dakon Matematika. Peningkatan hasil belajar berupa nilai rata-rata mengalami peningkatan mulai dari Siklus I 71,48% dan Siklus II 89,63%. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa yang awalnya pada Siklus I hanya 62,96% menjadi 96,30% pada siklus kedua.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...