cover
Contact Name
Vina Iasha
Contact Email
Jatuwahyuwicaksono@ymail.com
Phone
+6285693117020
Journal Mail Official
jpd@unj.ac.id
Editorial Address
Gedung Muhammad Hatta Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Dasar Lantai 4 Jalan Rawamangun Muka Jakarta 13220 . Email : jpd@unj.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : 20867433     EISSN : 25495801     DOI : https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Core Subject : Education,
1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary education.
Articles 284 Documents
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR BANDA ACEH Alpidsyah Putra
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6 No 1 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.458 KB)

Abstract

This study aimed to determine the effect of learning methods and social intelligence to the learning outcomes of social science. This research was conducted with the experimental method in the fourth grade students of State Elementary School Banda Aceh in 2015 with 32 samples taken using cluster random sampling. Retrieval of data obtained through analysis test Varian (ANOVA) two-lane design treatmeant by level 2 x 2. The results showed that: (1) results for students studying social sciences with teaching methods problem based learning is higher than the students who use the method learning problem solving, (2) There is an interaction effect between teaching methods with social intelligence of students towards learning outcomes of social science, (3) results of studying social science students who have social intelligence higher learning with teaching methods problem based learning higher the method of problem solving, (4) Results of studying social science students with low social intelligence learning with the learning method of problem-based learning is lower than the learning method of problem solving. The results of this study indicate that the learning method of problem based learning with high social intelligence can improve learning outcomes of social science. Keywords: Learning Method, Social Intelligence, Social Science Learning Outcomes Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan sosial terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilakukan dengan metode experimen pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh pada tahun 2015 dengan 32 sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data diperoleh melalui tes analisis Varian (ANAVA) dua jalur dengan desain treatmeant by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan metode pembelajaran problem solving, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan kecerdasan sosial siswa terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial, (3) Hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa yang memiliki kecerdasan sosial tinggi yang belajar dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari pada menggunakan metode problem solving, (4) Hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dengan kecerdasan sosial rendah yang belajar dengan metode pembelajaran problem based learning lebih rendah dibandingkan dengan metode pembelajaran problem solving. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran problem based learning dengan kecerdasan sosial tinggi dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Kecerdasan Sosial, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
PENGARUH SIKAP SISWA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN LAMANDAU Arvi Riwahyudin
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6 No 1 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.37 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the direct influence student attitudes and interests of student learning to the learning outcomes Elementary School fifth grade science students in District Menthobi Raya Regency Lamandau. This study uses a quantitative approach with survey method with a causal approach. Sampling study amounted to 40 respondents. Withdrawal of the number of samples using Cluster Random Sampling (Sampling Area). The findings of this research are: 1) The attitude of the students positive direct effect on learning outcomes IPA elementary school students in District Menthobi Raya Regency Lamandau. That is the positive attitude of students in the study will lead to good learning outcomes, 2) Interest in learning a direct positive effect on learning outcomes Elementary School fifth grade science students in District Menthobi Raya Regency Lamandau. This means that there is interest in learning on students will lead to good learning outcomes, 3) direct effect positive student attitude toward interest in learning science elementary school students in District Menthobi Raya Regency Lamandau. Keywords: Student Attitude, Interest In Learning, Learning Outcomes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung Sikap siswa dan Minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Kecamatan Menthobi Raya Kabupaten Lamandau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan pendekatan kausal. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 40 responden. Penarikan jumlah sampel menggunakan Cluster Random Sampling (Area Sampling). Temuan yang didapat dari penelitian ini adalah: 1) Sikap siswa berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar IPA siswa SD di Kecamatan Menthobi Raya Kabupaten Lamandau. Artinya sikap siswa yang positif dalam belajar akan menyebabkan hasil belajar yang baik, 2) Minat belajar berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Kecamatan Menthobi Raya Kabupaten Lamandau. Artinya minat belajar yang ada pada diri siswa akan menyebabkan hasil belajar yang baik, 3) Sikap siswa berpengaruh langsung positif terhadap minat belajar IPA siswa SD di Kecamatan Menthobi Raya Kabupaten Lamandau. Kata kunci: Sikap siswa, Minat belajar, Hasil belajar.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN KELAS IV SEKOLAH DASAR KABUPATEN TANAH TIDUNG Lucky Susilo
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6 No 1 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.559 KB)

Abstract

This research is to improve student learning outcomes of civic education about the hero. This research was conducted in SDN Sesayap Tana Tidung, with 23 students as research subjects. This research is an action using Kemmis and McTaggart models in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The results showed an increase in student learning outcomes of civic education, the hero mainly about understanding the meaning and involve symbols in understanding Pancasila Pancasila principles completely. This was evidenced by the increase in student learning outcomes Civics of my heroes from the 50% of students complete with the average score was 69 in the first cycle, increased to 80% of students complete with the average score was 77 in the second cycle. Activities of teachers and students through role playing method attained mastery learning (100%) at the end of the cycle. The conclusion of this study indicate that the use of methods Role Playing makes the students more active in learning appropriate to their developmental age. Keywords: The Students’ Study Result Of Civic Education, Role Playing Method Action Research Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari pendidikan kewarganegaraan tentang pahlawan . Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tana Tidung, dengan 23 siswa sebagai subyek penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan Kemmis dan model McTaggart dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, bertindak, observasi, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari pendidikan kewarganegaraan, tentang pahlawan terutama tentang pemahaman makna dan melibatkan simbol prinsip pancasila dalam memahami pancasila benar-benar. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa PKn tentang pahlawan saya dari 50% siswa lengkap dengan skor rata-rata adalah 69 pada siklus I, meningkat menjadi 80% siswa lengkap dengan skor rata-rata adalah 77 pada siklus kedua. Kegiatan guru dan siswa melalui metode Role Playing dicapai belajar penguasaan (100%) pada akhir siklus. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playing membuat siswa lebih aktif dalam belajar yang sesuai dengan perkembangan usia mereka. Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Role Playing Metode, Penelitian Tindakan
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR KABUPATEN TANAH TIDUNG Musakkir Musakkir
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6 No 1 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.05 KB)

Abstract

This study was to determine the effect of instructional media and learning motivation toward mathematics learning outcomes. This research was conducted at the Primary School Sesayap Tana Tidung North Kalimantan province with a sample of 28 students of class IV were obtained using the technique of multi-stage random sampling. The method used is the experimental design of treatment by level 2 x 2 with the dependent variable consists of local wisdom-based media and media-based presentation, moderator variables consist of high motivation and low motivation as well as the independent variable is the result of learning mathematics. Collecting data using multiple-choice test instruments. Data analysis using descriptive and inferential statistics. Hypothesis testing is done by ANOVA two-lane after passing tests of normality and homogeneity. From the ANOVA calculation on the line between the two lanes of Learning Media (A) is known Fhitung> Ftabel (4.789> 4.260) so Ho rejected and declared there was significant difference in student learning outcomes were studied using local wisdom-based media with the use of media-based presentations. In line AxB interaction known Fhitung <F table (2.628 <4.260) so Ho accepted and declared there was no interaction effect of instructional media and learning motivation on student learning outcomes. Research results prove the use of local wisdom-based media gives better results than the use of media-based presentation of the results of fourth grade students learn math. Keywords: Learning studying mathematics, learning media, local wisdom, motivation to learn Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 001 Sesayap Kabupaten Tana Tidung Provinsi Kalimantan Utara dengan sampel penelitian sebanyak 28 siswa kelas IV yang diperoleh menggunakan teknik multi stage random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen desain treatment by level 2 x 2 dengan variabel terikat terdiri dari media berbasis kearifan lokal dan media berbasis presentasi, variabel moderator terdiri dari motivasi tinggi dan motivasi rendah serta variabel bebas yaitu hasil belajar matematika. Dari perhitungan ANAVA dua jalur pada baris antar Media Pembelajaran (A) diketahui fhitung > ftabel (4,789 > 4,260) dengan demikian Ho ditolak dan dinyatakan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan media berbasis kearifan lokal dengan yang menggunakan media berbasis presentasi. Pada baris interaksi AxB diketahui fhitung < ftabel (2,628 < 4,260) dengan demikian Ho diterima dan dinyatakan tidak terdapat pengaruh interaksi media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitan membuktikan penggunaan media berbasis kearifan lokal memberikan hasil lebih baik daripada penggunaan media berbasis presentasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Kata kunci: Hasil belajar matematika, Media pembelajaran, Kearifan lokal, Motivasi belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR KOTA DEPOK Nurul Fazriyah
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6 No 1 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.016 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of integrated learning model and ability to think critically about the science learning outcomes. The study was conducted in SDN Kemiri Muka 1 Depok in class V in the academic year 2014/2015 using cluster random sampling was done to 80 students. Retrieval of data obtained through the test and analyzed using Analysis of Variance (ANOVA) two-lane design with treatment by level 2 x 2. The results showed that: (1) Natural Sciences learning outcomes of students who are given integrated learning model thematic integrative models higher than in groups of students who are given learning model fragmented, (2) there is an interaction effect between the ability to think critically about the science subjects by learning model thematic integrative learning outcomes Natural Sciences, (3) for students who have the ability to think critically high, the result of learning science students given thematic integrative teaching model is higher than the fragmented learning model and (4) for students who have the ability to think critically low yield higher learning science using fragmented models. The conclusion showed that the thematic integrative learning model with critical thinking skills can improve student science learning outcomes . Keywords:Model Of Integrated Learning, Critical Thinking Skills, Science Learning Outcomes Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terpadu dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA. Penelitian dilakukan di SDN Kemiri Muka 1 Depok pada kelas V tahun pelajaran 2014/2015 menggunakan cluster random sampling yang dilakukan kepada 80 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dengan desain treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa yang diberikan model pembelajaran terpadu model tematik integratif lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diberikan model pembelajaran fragmented, (2) terdapat pengaruh interaksi antara kemampuan berpikir kritis terhadap mata pelajaran IPA dengan model pembelajaran tematik integratif terhadap hasil belajar IPA, (3) bagi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, hasil belajar IPA siswa yang diberikan model pembelajaran tematik integratif lebih tinggi dari pada model pembelajaran fragmented dan (4) bagi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah hasil belajar IPA lebih tinggi menggunakan model fragmented. Kesimpulan menunjukkan bahwa model pembelajaran tematik integratif dengan kemampuan berpikir kritis mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Kata kunci :Model Pembelajaran Terpadu, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar IPA.
EFIKASI DIRI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BENGKULU Prayuningtyas Angger Wardhani
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6 No 1 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.448 KB)

Abstract

This study aims to determine: the relationship between self-efficacy and understanding of science concepts to learning outcomes Natural Sciences separately and simultaneously study was conducted in Bengkulu City Elementary School students in 2015 with 32 samples taken using simple random sampling. The technique used to analyze the data is the statistical technique of regression and correlation. The results showed that there was a positive correlation between: (1) efficacy ourselves to learning outcomes Natural Sciences, (2) understanding the concept of Natural Sciences learning outcomes Natural Sciences, (3) self-efficacy and understanding of the concept of Natural Sciences collectively together with the results of study Natural Sciences. Based on the results, it can be concluded understanding of the concept of Sciences Alammemiliki greater contribution to the learning outcomes Natural Sciences compared with self-efficacy. However, self-efficacy and understanding of the concept of Natural Sciences have jointly contributed to the learning outcomes of Natural Sciences. Keywords: Self efficacy, understanding of science concepts, learning outcomes Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan antara efikasi diri dan pemahaman konsep IPA dengan hasil belajar IPA terpisah dan simultan Penelitian dilakukan pada siswa SDN 5 Kota Bengkulu pada tahun 2015 dengan 32 sampel diambil dengan menggunakan simple random sampling. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik statistik regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara: (1) efikasi diri dengan hasil belajar IPA, (2) pemahaman konsep IPA dengan hasil belajar IPA, (3) efikasi diri dan pemahaman konsep IPA secara bersama-sama dengan hasil Belajar IPA. Kesimpulandari penelitian ini yaitu pemahaman konsep IPA memiliki kontribusi lebih besar terhadap hasil belajar IPA dibandingkan dengan efikasi diri. Akan tetapi, efikasi diri dan pemahaman konsep IPA memiliki kontribusi secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPA. Kata kunci: Efikasi diri, pemahaman konsep IPA, hasil belajar IPA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR HILIR KABUPATEN TANA TIDUNG Puji Lestari
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6 No 1 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.055 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine how the application of methods Contextual Teaching and Learning (CTL), to improve learning outcomes subjects of Natural Sciences of Conservation Effort Lingkungan.Penelitian held in SDN 001 Sesayap Lower Tana Tidung, with research subjects fifth grade students who amounted to 30 people. This research is an action using a model Kemmis and McTaggart, conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing action, observation, and reflection action. The results showed an increase in student learning outcomes in subjects of Natural Sciences, in particular concerning environmental conservation efforts, by applying the method of Contextual Teaching and Learning (CTL). This is evidenced by the value of the test results of students in the first cycle that 70% of students who completed, increased in the second cycle to 100% of students who pass. Activities of teachers and students according to the steps of this method reach 100% (mastery learning) at the end of the second cycle. The conclusion of this study indicate that the application of the method of Contextual Teaching and Learning (CTL), enables students to improve learning outcomes Natural Sciences and can develop creativity and can cooperate well. Keywords: Methods Contextual Teaching and Learning (CTL), Learning Outcomes IPA, Enterprises Environmental Conservation, Action Research. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL), untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA tentang Usaha Pelestarian Lingkungan.Penelitian dilaksanakan di SDN 001 Sesayap Hilir Tana Tidung, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, khususnya tentang usaha pelestarian lingkungan, dengan menerapkan metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Hal ini dibuktikan dengan nilai tes hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 70% siswa yang tuntas, meningkat pada siklus II mencapai 100% siswa yang tuntas. Aktivitas guru dan siswa sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 100% (mastery learning) pada akhir siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL), membuat siswa dapat meningkatkan hasil belajar IPA serta dapat mengembangkan kreativitas dan dapat bekerjasama dengan baik. Kata kunci:Metode Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar IPA, Usaha Pelestarian Lingkungan, Penelitian Tindakan.
POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK TUNAGRAHITADI NANGA BULIKKABUPATEN LAMANDAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH Rosalia Kodang
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6 No 1 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.599 KB)

Abstract

This study aimed to describe the pattern of parenting on children mentally handicapped in Nanga Bulik Lamandau District. This study used a qualitative approach, with qualitative descriptive method. The main target of this research is the parents who have a mentally handicapped child who attends Nanga Bulik SLBN Lamandau District. The research location older children mentally handicapped people, which is in the town of Nanga Bulik. Data collection techniques used were observation and interview. The primary data comes from interviews with informants from six people, while secondary data obtained from journals, websites, and data from relevant agencies. Data analysis was performed using a model Milles and Huberman. The study found that the picture of parental care for children with disabilities in different ways have the same goal sought to teach their children what needs to be known and worked to become a happy person and can confidently be responsible in society. Keywords: Parenting, Parents, Mentally Disabled. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pola asuh orang tua terhadap anak-anak cacat mental di Nanga Bulik Kabupaten Lamandau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metodedeskriptif kualitatif. Target utama dari penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak cacat mental yang bersekolah di Nanga Bulik SLBN Kabupaten Lamandau. Lokasipenelitian tuaanak orang cacat mental, yang di kota Nanga Bulik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Data primer berasal dari wawancara dengan informan dari enam orang, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, website, dan data dari instansi terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles dan Huberman.Studi ini menemukan bahwa gambaran pengasuhan orang tua untuk anak-anak cacat dengan cara yang berbeda telah tujuan yang sama berusaha untuk mengajar anak-anak mereka apa yang perlu diketahui dan bekerja untuk menjadi orang yang bahagia dan bisa percayadiri bertanggung jawab dalam masyarakat. Kata kunci:Parenting, Orang Tua, Cacat Mental.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG EKOSISTEM MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN TANA TIDUNG Yulis Suwandi
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6 No 1 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.551 KB)

Abstract

The purpose of this study was to obtain empirical data on the use of learning methods Problem Based Learning (PBL) in improving learning outcomes Natural Sciences on the ecosystem. This study was conducted in primary schools to research subjects fifth grade students totaling 30 people. This research is an action using a model Kemmis and McTaggart, conducted in two cycles. The results showed an increase in the value of this is evidenced by the Natural Sciences learning outcomes of students in the first cycle is 60% of students who tuntasdengan average grade 68, increased in the second cycle at 90% of students who completed with an average grade teachers 78. Activities and students according to the steps of this method reach 100% (mastery learning) at the end of the second cycle. The conclusion of this study indicate that the use of methods Problem Based Learning (PBL) can improve learning outcomes Natural Sciences. Keyword:Learning Outcomes Natural Sciences, Methods Of Problem Based Learning (PBL), Ecosystems Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang pemanfaatan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPAtentang ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar yang dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada siklus I yaitu 60% siswa yang tuntasdengan rata-rata kelas 68, meningkat pada siklus II mencapai 90% siswa yang tuntas dengan rata-rata kelas 78. Aktivitas guru dan siswa sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 100% (mastery learning) pada akhir siklus II.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning (PBL)dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Kata kunci:Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam, MetodeProblem Based Learning (PBL), Ekosistem
HUBUNGAN SUPERVISI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI BALAI LATIHAN KERJA PENGEMBANGAN INDUSTRI PASAR REBO JAKARTA Rini Iswanti
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6 No 1 (2015): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.305 KB)

Abstract

This study aims to determine the relationship between 1) the supervision of the work ethic, 2) communication with work productivity, and 3) monitoring and communication together with the work ethic. This research was conducted in BLKPI Pasar Rebo, conducted from April to May 2012. The methodology of this study using survey methodology. The study used samples of 92 employees BLKPI Pasar Rebo, and 20 employees on a trial were selected based on a random sample technique (random sampling) to the employee BLKPI Pasar Rebo Jakarta. Data collection techniques using the instrument in the form of a questionnaire.This instrument calibration by using the tool test the validity and reliability coefficients. Test test valliditas using Pearson Product Moment correlation, while the coefficient of reliability was calculated using Cronbach Alpha formula. Results of research in showing that: First, there is a positive relationship between the supervision of the work ethic; Secondly there is a positive relationship between communication with work ethic, and; Thirdly there is a positive relationship between surveillance and communication together with the work ethic. The implication of this study is an effort to improve employee work ethic can be done through monitoring and communication. Keyword: Supervision, Interpersonal Communication, Work Productivity Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara 1) pengawasan dengan etos kerja, 2) komunikasi dengan produktivitas kerja, dan 3) pengawasan dan komunikasi secara bersama-sama dengan etos kerja. Penelitian ini dilakukan di BLKPI Pasar Rebo, dilaksanakan dari bulan April sampai dengan Mei 2012. Metodologi penelitian ini menggunakan methodology survey. Penelitian ini memakai sampel 92 pegawai BLKPI Pasar Rebo, dan 20 pegawai sebagai uji coba yang dipilih berdasarkan tehnik sample acak (random sampling) terhadap pegawai BLKPI Pasar Rebo Jakarta. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan instrument dalam bentuk kuesioner. Kalibrasi instrument ini dengan menggunakan alat test koefisien validitas dan reliabilitas. Uji test valliditas dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment, sementara untuk koefisien reliabilitasnyadihitung dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Hasil penelitian in menunjukkanbahwa: Pertama, terdapat hubungan yang positif antara pengawasan dengan etos kerja; Kedua terdapat hubungan yang positif antara komunikasi dengan etos kerja, dan; Ketiga terdapat hubungan yang positif antara pengawasan dan komunikasi secara bersama-sama dengan etos kerja. Implikasi dari penelitian ini adalah sebuah upaya untuk memperbaiki etos kerja pegawai dapat dilakukan melalui pengawasan dan komunikasi. Kata kunci: supervisi, komunikasi interpersonal, produktivitas kerja

Page 1 of 29 | Total Record : 284