Journal of Social Science and Multidisciplinary Analysis
Vol. 1 No. 1 (2024): Journal of Social Science and Multidisciplinary Analysis (Jossama), February 20

Pengaruh Membaca Cerita Rakyat Dalam Meningkatkan Keterampilan Bercerita dan Pengetahuan Budaya Lokal Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 060937 Kwala Bekala Tahun Pelajaran 2023/2024

Karmila Br Karo Karo (Universitas Quality)
Restio Sidebang (Universitas Quality)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2024

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh membaca cerita rakyat dalam meningkatkan keterampilan bercerita dan pengetahuan tentang budaya lokal pada siswa SD Negeri 060937 Kwala Bekala, Medan. Subjek dari penelitian adalah siswa Kelas VI SD Negeri 060937 Kwala Bekala yang berjumlah 20 orang dan objek penelitian ini perbaikan pembelajaran dengan membaca cerita rakyat. Alat pengumpul data digunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada Kelas VI SD Negeri 060937 Kwala Bekala maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Pengenalan cerita rakyat kepada siswa membuat mereka tertarik untuk membaca. (2) Membaca cerita rakyat membuat siswa semakin terampil dalam bercerita di depan kelas. (3) Membaca cerita rakyat menambah pengetahuan siswa tentang budaya lokal, khususnya budaya lokal di Sumatera Utara. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa dalam 2 siklus pelaksanaan penelitian Tindakan kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Social Science and Multidisciplinary Analysis (Jossama) is a journal that publishes scientific articles on social science and multidisciplinary research. The Journal of Social Science and Multidisciplinary Analysis (Jossama) is published online quarterly a ...