Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA
Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Bakti Kita

PEMANTAUAN STATUS GIZI BALITA DAN PENTINGNYA PEMBERIAN PMT PADA BALITA DESA DURIKEDUNGJERO, NGIMBANG, LAMONGAN

Isnaini Anniswati Rosyida (Universitas Islam Darul Ulum Lamongan)
Martha Laila Arisandra (Universitas Islam Darul 'ulum)
Dita Ayu Noviyanti (Universitas Islam Darul 'ulum)
Regi Aprilian (Unknown)
Chakim Budi Cahyono (Unknown)
Khatibul umam abidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Pemerintah Indonesia memandang kesehatan sebagai kebutuhan dasar manusia untuk hidup produktif. HFA 2000 merupakan program yang merupakan bagian dari falsafah kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila. Data intercensal menunjukkan bahwa perempuan dan anak tidak terjangkau oleh program Kesehatan Indonesia, HFA 2000. Moralitas bayi 70/1000, dan angka kelahiran 31/1000. Yang menunjukkan bahwa Trilogi Pembangunan Nasional tidak dimiliki oleh perempuan dan anak. Upaya menurunkan angka kematian bayi dan ibu serta menekan jumlah kehamilan, pada rencana pembangunan 4-5 tahun dibentuk pos pelayanan terpadu bernama Posyandu yang menjadi fokus tulisan ini. Penekanan khusus diberikan pada peran Posyandu dalam upaya mengatasi masalah kesehatan utama yang dihadapi perempuan dan anak Indonesia. Sistem pelayanan kesehatan memiliki beberapa tingkatan, perawatan rumah dan mandiri diikuti oleh perawatan preventif dan promotif berbasis masyarakat (Posyandu), diikuti oleh perawatan profesional dasar di puskesmas dan klinik yang diikuti oleh rujukan 1 dan lebih tinggi ke rumah sakit kabupaten dan lanjutan. Posyandu merupakan langkah penting menuju HFA 2000 menghadirkan program terpadu KIA, KB, gizi, imunisasi dan pengendalian diare di tingkat desa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

baktikita

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Community Services Training, Marketing, Appropriate Technology, Design; Community Empowerment, Social Access; Student Community Services; Education for Sustainable ...