JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Penggunaan Naïve Bayes dalam Implementasi Prediksi Tingkat Curah Hujan

Nurmaulida*, Irma (Unknown)
Sunge, Aswan S (Unknown)
Zy, Ahmad Turmudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Perkiraan curah hujan telah menjadi salah satu masalah yang paling ilmiah dan teknologi menantang seluruh dunia pada abad terakhir. Hujan  adalah  sebuah  peristiwa  turunnya  butir-butir  air  yang  berasal  dari  langit  ke permukaan  bumi.  Hujan  juga  merupakan  siklus  air  di  planet  bumi. Definisi  hujan yang  lainnya  adalah  sebuah  peristiwa  Presipitasi  (jatuhnya  cairan yang  berasal  dari atmofer  yang  berwujud  cair  maupun  beku  ke  permukaan  bumi)  berwujud cairan. Hujan  membutuhkan  keberadaan lapisan atmosfer tebal supaya  dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi indonesia merupakan  negara dengan iklim hutan hujan tropis dengan ciri-ciri suhu udara yang hampir seragam, serta memiliki curah hujan yang tinggi yang terbagi rata di sepanjang tahun, Curah hujan memiliki pola yang tidak menentu sehingga sulit dilakukan prediksi dengan cara manual. Curah hujan  yang  cukup  besar  tidak  dapat  ditentukan  secara  pasti  namun  hal  ini  dapat  diperkirakan. Dengan demikian, adanya data mining memungkinkan mesin mengenali dan mempelajari pola data yang rumit. Maka dari  itu  pembelajaran  mesin  dapat  mempelajari  pola  data  curah  hujan  untuk  melakukan  prediksi, maka di lakukan sebuah penelitian prediksi curah hujan dengan metode naïve bayes dan Data yang di gunakan pada penelitian ini aalah data yang di ambil dari situs resmi BMKG Indonesia yang mana bisa di akses oleh semua kalangan baik itu kalangan anak-anak, remaja, dewasa bahkan orangtua.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...