Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 4 No 3 (2024): Jurnal Dunia Pendidikan

Analisis Kemampuan Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Siswa Kelas X SMA Negeri 22 Gowa (Ditinjau dari Kekuatan Otot Lengan dan Kekuatan Otot Tungkai)

Retno Farhana Nurulita (Universitas Negeri Makassar)
Poppy Elisano Arfanda (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan passing atas pada permainan bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran. Populasi siswa kelas X SMA Negeri 22 Gowa, dengan sampel berjumlah 60 orang dengan sistem random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan passing atas pada permainan bola voli terbukti r₀ = 0,612 (P< α0,05), (2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan kemampuan passing atas pada permainan bola voli terbukti r₀ = 0,682 (P< α0,05), (3) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai dengan kemampuan passing atas pada permainan bola voli terbukti r₀ = 0,875 (P< α0,05).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...