Pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris dengan ESP hakikatnya ditujukan untuk membantu mahasiswa berkomunikasi dengan bidang akademik yang mereka minati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan Bahasa Inggris khusus bagi mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner terhadap 45 mahasiswa yang sudah pernah mengikuti mata kuliah umum Bahasa Inggris dan wawancara langsung terhadap dosen bahasa Inggris dan dosen PJKR. Data dikumpulkan dan kemudian diolah secara kualitatif. Hasil analisis menunjukkan pentingnya pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan dan menguasai bahasa komunikasi mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR). Materi bahasa Inggris khusus (ESP) yang penting untuk ditekankan yaitu istilah-istilah bahasa Inggris yang relevan dengan pembelajaran olahraga. Materi-materi lain yang bersifat aplikatif dalam peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara juga menjadi prioritas pembelajaran. Hasil penelitian diharapkan menjadi referensi untuk pengembangan kurikulum mata kuliah bahasa Inggris pada program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR).
Copyrights © 2024