E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
VOLUME.13.NO.02.TAHUN.2024

PENGARUH KETIDAKPUASAN, VARIETY SEEKING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND SWITCHING DARI SMARTPHONE ANDROID KE IPHONE

Gede Nanda Dharmawan Pulasari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia)
Tjokorda Gde Raka Sukawati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Brand switching merupakan suatu pola pembelian yang ditandai dengan beralihnya konsumen dari satu merek ke merek lainnya yang dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya yaitu ketidakpuasan, variety seeking, dan brand image. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh ketidakpuasan, variety seeking, dan brand image terhadap brand switching dari smartphone Android ke Iphone. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian asosiatif dengan bentuk hubungan kausal. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden pengguna smartphone Iphone yang sebelumnya melakukan perpindahan dari smartphone Android dalam kurun waktu 3 tahun terakhir dengan metode penentuan sampel yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jawaban dari responden dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketidakpuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching. Variety seeking berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (EEB) is an electronic scientific journal that publishes the results of economic and business studies. EEB is published periodically every month with an online format. EEB Editor receives written results of studies in the fields of economics, ...