Al Iidara Balad : Jurnal Administrasi Negara
Vol. 4 No. 1 (2022): Al Iidara Balad

KINERJA PEGAWAI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) PADA KANTOR KECAMATAN DANAU PANGGANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Ahmad Baihaqi (Program Studi Administrasi Publik STIA Amuntai)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Kinerja pegawai merupakan hal yang bersifat individu, karena setiap pegawai mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda-beda dalam mengerjakan tugasnya. Penelitian ini dilatar belakang kurangnya Pemahaman dan pengetahuan pegawai mengenai tugas dan tanggung jawab mengenai Kinerja Pegawai Seksi Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kinerja Pegawai, faktor-faktor yang menghambat kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Sumber data diambil melalui purposive sampling berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan Teknik Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan, maka uji krealibitas data, perpanjangan pengamatan, menin gkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, mengadakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Seksi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Pada Kantor Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara, belum baik. Pertama, Efektif pada indikator Output yang di hasilkan oleh pegawai kantor Kecamatan Danau Panggang masih belum mencapai tujuan yang di inginkan. Kedua, Efisien pada indikator proses pelayanan masih belum berjalan dengan baik. Ketiga, Kualitas pada indikator kebutuhan masyarakat yang belum di penuhi dan harapan masyarakat belum di penuhi. Keempat, Ketepatan waktu pada indikator kecermatan pegawai masih belum baik dan pekerjaan cepat dan tepat masih belum di laksanakan dengan baik. Kelima, Produktivitas pada indikator Tingkat Produktivitas pegawai kantor Kecamatan Danau Panggang masih belum baik. Keenam, Keselamatan pada indikator lingkungan kerja yang aman sudah baik dan lingkungan kerja yang harmonis sudah baik. Faktor -faktor penghambat Kecermatan pegawai yang masih belum baik serta masih kurangnya kecepatan dan ketepatan pegawai dan tingkat produktivitas yang masih belum baik, faktor-faktor pendorong sarana dan prasarana yang lengkap dan disikap pegawai yang ramah tanah dalam meberikan pelayanan. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja pegawai seksi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan pada kantor kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara adalah: memberikan pelayanan yang cepat dan tepat dan meningkatkan Kecermatan Pegawai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aliidarabalad

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Governance, Leadership, Public organizations, Public policy, Public service, Management, Law ethics, Bureaucratic administration and government. Human ...