Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi perencanaan, penganggran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolan (BOS) di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Literasi dan numerasi adalah pengetahuan dan kemampuan untuk: Menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan suatu masalah dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari; Menganalisis informasi yang disajikan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, grafik, dll.); Menggunakan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kinerja (strategi awal, penyusunan, pelaksanaan dan monitoring evaluasi) terhadap RKAS dalam rangka peningkatan mutu literasi dan numerasi siswa SMP di Kabupaten HSU, peneliti merasa perlu untuk melihat sejauh mana kinerja RKAS yang dibuat oleh Kepala satuan Pendidikan SMP selama tahun 2022 ini, agar dapat dijadikan dasar dalam pengambilan kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara di tahun-tahun berikutnya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja RKAS terhadap mutu literasi dan numerasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2021-2023. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal (sebab akibat) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Probability Sampling sehingga terdapat responden sebanyak 24 sekolah dengan 48 orang dan teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kinerja RKAS tahun 2021-2023 berhubungan terhadap mutu literasi dan numerasi siswa SMP Negeri di Kabuapten Hulu Sungai Utara. Hal ini dilihat dari hasil analisis uji t sebesar 6,776 dibandingkan dengan 1,677. Jadi t_hitung > t_tabel, oleh sebab itu dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis null (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan besar pengaruhnya mutasi terhadap pengembangan karir adalah 70,6% yang artinya berhubungan positif
Copyrights © 2023