Kualitas pelayanan publik merupakan hasil interaksi dari berbagai aspek yaitu sistem pelayanan, SDM pemberi layanan, strategi dan pelanggan (customers). Kepuasan masyarakat merupakan perasaan yang muncul sesuai dengan ekspektasi terhadap kinerja yang diharapkan melalui terpenuhinya kebutuhan dan keinginan masyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh air yang disalurkan oleh PDAM Kabupaten Hulu Sungai Utara masih kerap kali keruh, berbau bahkan tak mengalir. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan air bersih terhadap kepuasan masyarakat pada kepuasan masyarakat pada PDAM di Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal (sebab akibat) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling sehingga terdapat responden sebanyak 92 orang. dan teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan air bersih berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada PDAM di Kecamatan Sungai Tabukan Kabuapten Hulu Sungai Utara. Hal ini dilihat dari hasil analisis uji t sebesar 15,217 dibandingkan dengan 1,662. Jadi t_hitung > t_tabel, oleh sebab itu dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis null (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan besar pengaruhnya kualitas pelayanan air bersih terhadap kepuasan masyarakat adalah 84,9% yang artinya berhubungan positif
Copyrights © 2023