Pendidikan Islam merupakan sistem pendidikan yang mengintegrasikan prinsip-prinsip ajaran Islam dalam membentuk karakter individu dan masyarakat. Tujuannya mencakup dimensi keagamaan, moral, sosial, dan intelektual dengan fokus pada pengembangan individu yang taat beragama, berakhlak mulia, dan berpengetahuan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Metode ini merupakan suatu pendekatan penelitian yang memanfaatkan sumber-sumber informasi dari literatur-literatur yang berasal dari buku, jurnal dan catatan tertulis lainnya. Dinamika pendidikan Islam di Indonesia melibatkan sejarah panjang, adaptasi terhadap keberagaman, hubungan antara agama dan negara, serta dampak reformasi dan globalisasi. Tantangan seperti ekstremisme, peningkatan kualitas pendidikan, dan peran masyarakat turut memengaruhi dinamika pendidikan Islam. Meski demikian, dengan usaha penyempurnaan kurikulum, peningkatan kualifikasi guru, dan pemanfaatan teknologi, pendidikan Islam di Indonesia berupaya menjawab tantangan zaman untuk mencapai kualitas dan relevansi yang lebih baik.
Copyrights © 2024