INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research
Vol. 1 No. 1 (2024)

Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia

Achmad Sudaryo (Institut Dirosah Islamiyah Al-Amien Prenduan)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2023

Abstract

Pendidikan Islam merupakan sistem pendidikan yang mengintegrasikan prinsip-prinsip ajaran Islam dalam membentuk karakter individu dan masyarakat. Tujuannya mencakup dimensi keagamaan, moral, sosial, dan intelektual dengan fokus pada pengembangan individu yang taat beragama, berakhlak mulia, dan berpengetahuan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Metode ini merupakan suatu pendekatan penelitian yang memanfaatkan sumber-sumber informasi dari literatur-literatur yang berasal dari buku, jurnal dan catatan tertulis lainnya. Dinamika pendidikan Islam di Indonesia melibatkan sejarah panjang, adaptasi terhadap keberagaman, hubungan antara agama dan negara, serta dampak reformasi dan globalisasi. Tantangan seperti ekstremisme, peningkatan kualitas pendidikan, dan peran masyarakat turut memengaruhi dinamika pendidikan Islam. Meski demikian, dengan usaha penyempurnaan kurikulum, peningkatan kualifikasi guru, dan pemanfaatan teknologi, pendidikan Islam di Indonesia berupaya menjawab tantangan zaman untuk mencapai kualitas dan relevansi yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

i

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of Qualitative and Quantitative Research particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of Qualitative and Quantitative ...