Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi
Vol. 6 No. 4 (2023): Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi

Pengembangan Sistem Penghubung Layanan (SPL) Berbasis Service Oriented Architecture (SOA) dengan Metode Rapid Application Development (RAD)

Aditya Darmawan (Universitas Gunadarma)
Aini Suri Talita (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Kementerian Perdagangan merupakan salah satu Instansi Pusat pada pemerintahan memiliki banyak sistem informasi pelayanan namun sistem-sistem tersebut masih terpisah-pisah sehingga menyulitkan berbagi pakai data dan informasi. Tidak terintegrasinya sistem informasi pelayanan sangat menyulitkan bagi masyarakat ketika mengakses layanan publik dikarenakan untuk mengakses satu layanan publik, masyarakat harus berpindah ke beberapa sistem informasi pelayanan atau bahkan harus mengunggah dokumen-dokumen yang sama ke beberapa sistem informasi pelayanan. Untuk mengatasi hal tersebut pada penelitian ini dilakukan pengembangan Sistem Penghubung Layanan (SPL) menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) berbasis Service Oriented Architecture (SOA) untuk menghubungkan layanan dari berbagai sistem informasi pelayanan. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan SPL yang menjadi solusi manajemen pertukaran data dan informasi antar sistem informasi pelayanan yang dapat mensimplifikasi bisnis proses layanan publik kepada masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JTSI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi is a publication media of scientific paper in the field of technology and information systems which can be in the form of analysis, development, and application, but not limited to it. Topics cover the following areas (but are not limited to) Business ...