EQUILIBRIUM : JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI (EJBA)
Vol. 12 No. 2 (2018): EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA)

Entrepreneurial Marketing sebagai Salah Satu Solusi Pengembangan Desa Wisata di Yogyakarta

Nuning Kristiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Desa wisata merupakan usaha kecil dan menengah yang digerakkan oleh komunitas masyarakat. Sejalan dengan skema pengembangan desa wisata oleh Kementrian Pariwisata, dibutuhkan ketrampilan kewirausahaan dan pemasaran dalam mengelola desa wisata agar dapat berkembang dan memiliki keberlanjutan. Entrepreneurial marketing (EM) hadir sebagai salah satu solusi pengembangan desa wisata di Yogyakarta yang menggabungkan konsep pemasaran dan kewirausahaan. Melalui EM, pengelola usaha diarahkan untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya. Studi ini menggunakan empat dimensi yang dikemukan oleh Mort et al (2012), yaitu: opportunity creation, customer intimacy, resources enhancement, dan legitimacy. Tim pengembangan desa wisata menggagas skema pengembangan desa wisata yang berbasis budaya, alam dan buatan denganmenyiapkan infrastruktur serta fasilitas (atraksi, aksesbilitas, dan amenitas), aktivitas pemasaran (branding, advertising, dan selling) dan kesiapan sumber daya manusia. Cara pengembangan desa wisata yang sesuai dengan dimensi EM yaitu: 1) Mengembangkan produk melalui inovasi berkala, 2) Menciptakan keintiman pelanggan dengan merancang produk yang melibatkan konsumen dan komoditi wisata, 3) Strategi pemasaran pra-penjualan dan pasca penjulan agar terjadi kunjungan kembali, 4) Peningkatan infrastruktur dan aksesbilitas, 5) Peningkatan kualitas SDM pengelola, 6) Pemberdayaan masyarakat secara komunitas, 7) Merancang branding dan advertising sesuai dengan target market yang dituju.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM - Jurnal Bisnis dan Akuntansi (EJBA) provides valuable insights into various aspects of Financial Management, Marketing, and Accounting. It encompasses a diverse array of intriguing subjects including Earnings Management, Firm Value, Stock Price, Service Quality, and the Internal Control ...