Penelitian ini mengkaji pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pada siswa Sekolah Bisnis STIE YKPN. Motivasi berwirausaha sebagai variabel terikat dan variabel bebas adalah pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga. Jumlah populasi untuk penelitian ini adalah 183 orang. Mengingat masih ada siswa yang telah lulus maka tidak semua populasi diambil sebagai sampel. Untuk merepresentasikan populasi penelitian digunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel. Berdasarkan perhitungan rumus Slovin maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 126 responden. Kemudian data dianalisis menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi berwirausaha. Penelitian ini membuktikan bahwa proses pendidikan yang telah diterapkan di YKPN Business School baik secara teori maupun praktek telah berhasil memotivasi mahasiswa untuk menjadi wirausaha. Di sisi lain, lingkungan keluarga yang berisi bimbingan, dukungan, dan arahan dari keluarga mahasiswa juga berpengaruh terhadap motivasi berwirausaha.
Copyrights © 2021